Tips Pertama Kali Naik Kereta Api

By | July 30, 2016

naik-kereta-api

Apakah Anda berencana travelling atau wisata dengan naik kereta api? Naik kereta api bisa membuat perjalanan Anda makin seru. Mungkin bagi Anda yang sudah berpengalaman naik kereta api bisa merasa tenang. Namun bila Anda belum pernah naik kereta api, pasti sedikit merasa kuatir. Well, tak perlu ambil pusing karena naik kereta api tidak sesulit yang dibayangkan, berikut ini ada tips yang bisa Anda perhatikan jika baru pertama kali naik kereta api:

Jangan beli tiket kereta api dekat dengan hari keberangkatan

Anda bisa memesan tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Hal ini untuk menghindari Anda kehabisan tiket kereta api. Biasanya tiket akan cepat terjual khususnya pada musim liburan. Tenang, pemesanan tiket sudah bisa dilakukan mulai H-90.

Pesan tiket secara online

Anda bisa memesan tiket melalui penjualan tiket kereta api online. Percaya deh, cara ini lebih praktis dan ekonomis. Saat pemesanan tiket kereta api melalui online, Anda bisa menentukan kota asal, kota tujuan serta kelas kereta, dan berapa jumlah tiket yang akan dibeli. Bahkan memilih posisi tempat duduk bisa dilakukan lho. Wah, seru ya.

Buat perencanaan perjalanan

Membuat daftar perencanaan perencanaan sangat penting. Perjalanan yang terkoordinir dengan baik akan membuat Anda merasa nyaman.

  • Bawa camilan.

Saat perjalanan yang jauh, rasa bosan sering menghampiri. Untuk mengusir rasa bosan itu, makanlah cemilan yang Anda suka.

  • Jangan lupa bawa charger, buku bacaan, atau game! 

Pastinya keberadaan smartphone sangat penting buat hidup Anda. Untuk menghindari smartphone mati saat perjalana, jangan lupa bawa charger untuk mengisi daya.  Smartphone bisa sangat membantu mengatasi rasa bosan saat perjalanan. Selain itu, membawa buku bacaan atau game bisa mengatasi rasa bosan lho. Coba aja isi perjalanan Anda dengan membaca buku yang seru, atau dengan bermain game yang mengasikkan.

  • Bawa KTP

Jangan lupa membawa KTP karena saat masuk stasiun, Anda akan diminta menunjukkan KTP oleh petugas yang berjaga.

  • Datang ke stasiun lebih awal

Datanglah ke stasiun lebih awal agar terhindar dari beberapa hal yang tidak diinginkan misalnya macet. Kedatangan Anda sampai di stasiun sebaiknya minimal satu jam dari waktu keberangkatan. Anda harus mencetak tiket kereta api yang terkadang harus mengantri panjang.

  • Periksa kembali tiket kereta api

Setelah selesai mencetak tiket kereta api, periksa kembali tiket pesawat Anda. Pastikan bahwa tiket sesuai dengan jadwal keberangkatan, nama kereta api dan nomor tempat duduk.

  • Jangan malu bertanya

Apabila ada hal janggal selama perjalanan di kereta api, jangan ragu untuk bertanya pada petugas kereta api.

Itulah beberapa tips pertama naik kereta api, Ternyata wisata dengan naik kereta api tidak sesulit yang dibayangkan kan?

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *