Tips Pencegahan Osteoporosis

By | July 23, 2016

pencegahan-osteoporosis

Osteoporosis merupakan jenis penyakit tulang yang mana tulang mengeropos akibat penuaan usia. Orang tua baik laki-laki atau perempuan sangat mungkin terkena penyakit osteoporosis. Namun, resiko terbesar ada di wanita jika dibandingkan dengan kaum lelaki. Banyak wanita dewasa dan tua terkena penyakit ini. Tulang yang keropos akan mudah patah. Pasti rasanya sakit sekali.

Sangat disarankan bagi wanita yang sudah berumur 30 tahun untuk memperhatikan kesehatan tulangnya. Sebaiknya Anda mencegah penyakit osteoporosis sebelum terlambat. Apa sajakah yang harus dilakukan? Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara pencegahan penyakit tulang keropos. Selain itu, masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Penasaran? Yuk simak beberapa tips mudah mencegah osteoporosis pada tulang wanita berikut ini!

Konsumsi vitamin D

Tulang sangat membutuhkan adanya suplai vitamin D karena akan bermanfaat sebagai penyerapa kalsium. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari di pagi hari. Berjmurlah di waktu pagi karena Anda bisa mendapatkan vitamin D untuk tulang. Selain mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi, Anda bisa mendapatkannya dari beberapa makanan seperti ikan salmon dan tuna, telur serta yogurt.

Kontrol berat badan

Memiliki badan yang proporsional sangat dianjurkan dalam ilmu kesehatan. Terlepas dari penampilan tubuh yang bagus dengan berat bada ideal, Anda juga akan mendapatkan manfaat kesehatan darinya. Terlalu gemuk bisa menyebabkan beberapa ancaman penyakit. Sedangkan terlalu kurus bisa menyebabkan resio penyakit osteoporosis. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter yang ahli di bidangnya mengenai berapa berat badan yang ideal sesuai dengan usia Anda.

Berhenti merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab seseorang rentan terkena penyakit tulang keropos. Untuk menjaga kesehatan tulang, sebaiknya berhentilah dari kebiasaan merokok.

Melakukan olahraga secara rutin

Seperti yang telah disebutkan di atas, olahraga termasuk salah satu cara untuk menghindari tubuh dari serangan penyakit osteoporosis serta bermanfaat bagi kesehatan Anda secara umum. Agar tulang menjadi kuat, lakukan olahraga yang bisa memperkuat kaki. Misalnya dengan mengangkat beban tertentu atau berjalan kaki. Anda bisa berolahraga yaitu sekitar 30 menit. Meskipun hanya sebentar, hal ini cukup efektif bila dilakukan secara rutin setiap hari.

Jangan konsumsi minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dapat membuat tulang mudah patah saat menginjak usia tua. Ada baiknya Anda mengubah kebiasaan minum kopi. Anda bisa menggantinya dengan minum teh hangat atau susu hangat.

Lakukan yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang fokus terhadap pernafasan dan kelenturan tubuh. Olahraga ini bisa membuat tulang menjadi lebih kuat karena kepadatan tulang meningkat terutama pada bagian pinggul dan punggung.

Yap, mulai sekarang perhatikan hal yang bisa dilakukan dalam upaya pencegahan penyakit osteoporosis. Semoga informasi kesehatan di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *