Tips Mudah Dalam Mempersiapkan Cita-cita Anak

By | July 24, 2016

Tips-belajar

Siapa orang tua yang tidak ingin memiliki anak yang memiliki karir cemerlang ketika dia besar nanti. Kita semua sebagai orang tua pasti setuju, kalau kita ingin anak-anak kita nantinya, memiliki karir yang cemerlang bukan? Banyak cara yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya, demi sang buah hatinya dapat meraih impian tersebut. Bahkan banyak dari mereka mempersiapkan hal tersebut semejak si anak masih terbilang sangat muda dan dengan cara yang berlebihan, seperti menentukan cita-cita sang anak sejak dini yaitu di usia saat mereka baru menginjak bangku sekolah dasar. Menurut penelitian oleh ahli pendidikan di Indonesia, umur yang bisa dijadikan acuan anak untuk menentukan cita-cita adalah disekitar usia 15 tahun.

Memang sebagai orang tua, kita tentu berkeinginan memiliki anak dengan profesi yang kita anggap hebat, namun yang harus kita sadari, anak juga memiliki intrest atau keinginan tertentu dalam diri mereka. Nah disinilah tugas utama dari orang tua dalam mendidik dan membimbing anak kita hingga pada akhirnya mereka dapat meraih karir yang mereka cita-citakan sesuai dengan keinginannya. Nah untuk mempersiapkan karir anak secara sehat, berikut saya rangkumkan beberapa tips yang mudah untuk anda lakukan demi masa depan anak anda.

Kita Adalah Teman Baik

Banyaklah berkomunikasi dengan sang anak, buatlah mereka serasa sedang berbicara dengan teman baik mereka ketika sedang berkomunikasi dengan kita. Buatlah mereka merasa nyaman untuk berbagi cerita dengan anda. Buatlah mereka merasa bebas untuk mengungkapkan apa yang terlintas dibenak mereka. Dari sini kita sebagai orang tua dapat menggali lebih jauh apa yang menjadi cita-cita mereka.

Perkenalkanlah Kepada Banyak Profesi

Untuk melakukan hal ini sangatlah mudah, temani mereka saat mereka menonton televisi, khususnya film kartun. Dimana pada figure-figur dalam film kartun di jaman sekarang sudah banyak menggunakan figure dari profesi-profesi tertentu, seperti dokter, penyanyi, pemadam kebakaran, polisi, montir, ahli hukum dan lain sebagainya. Dari figur-figur tersebut, anda bisa menceritakan kepada mereka sekilas dengan gaya yang mudah dicerna sang anak, tentang profesi-profesi tersebut, mulai dari tingkat kesulitan dan resiko dalam melakukan pekerjaan tersebut, hingga nilai financial yang nantinya akan mereka peroleh.

Merasakan Profesi

Rangkumlah keinginan atau cita-cita dalam khayalan sang anak, belikanlah mainan-mainan yang berhubungan dengan cita-cita mereka tersebut. Misal anak anda bercita-cita ingin menjadi tentara, belikanlah pistol-pistolan atau seragam tentara yang tentu saja disesuaikan dengan budget keuangan  anda. Lihatlah perkembangannya, bagaimana mereka berfantasi dengan profesi tersebut dan sejauh mana mereka mereka memperlakukan mainan yang anda belikan tersebut.

Nah, ketiga hal tersebut diataslah yang baik untuk anda sebagai orang tua lakukan. Memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan kita untuk melihat apa yang sebenarnya mereka inginkan. Karena kecenderungan dalam diri anak-anak adalah cita-cita yang selalu berubah-ubah. Lakukanlah terus pendekatan dan berikanlah mereka kesempatan untuk merasakan profesi-profesi tersebut, hingga akhirnya ketika usia mereka sudah dapat memilih, mereka sudah tahu apa cita-cita yang mereka inginkan.

(Adrian)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *