Tips Mudah Agar Tekanan Darah Tidak Tinggi

By | July 24, 2016

tekanan-darah-tinggi

Semua orang pasti ingin mempunyai tubuh yang sehat, termasuk Anda bukan? Banyak orang yang mengalami tekanan darah tinggi. Saat tekanan darah tinggi, organ-organ tubuh tidak bisa bekerja dengan optimal. Tentu saja ini berdampak pada kondisi kesehatan Anda. Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai hipertensi.

Anda harus menghindari penyakit hipertensi karena penyakit ini sangat mengganggu. Anda akan merasakan pusing, selain itu penyakit ini akan mengganggu kerja jantung, menyebabkan stroke, dan bisa menyebabkan disfungsi ereksi. Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, lakukan pencegahan penyakit tekanan darah tinggi. Berikut ini merupakan tips mudah agar tekanan darah tidak tinggi. Semoga Anda bisa mempraktekannya.

Dengarkan musik

Mendengarkan musik merupakan aktivitas yang mengasikan, terlebih bila mendengarkan musik favorit. Tahukah Anda jika mendengarkan music ternyata bisa melebarkan arteri, menghilangkan rasa cemas, dan bisa mencegah penyempitan pembuluh darah. Sebaiknya, pilihlah jenis musik yang beatnya stabil.

Tertawalah

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu tertawa. Untuk bisa tertawa lepas. Lakukanlah kegiatan yang bisa membuat Anda tertawa. Misalnya yaitu dengan menonton tayangan komedi di siaran televisi. Tayangan yang lucu dan seru akan membuat Anda tertawa. Lalu, pembuluh darah akan membesar sebesar 22 % saat Anda tertawa. Hal ini bisa membuat sirkulasi darah dalam tubuh lancar. Nah, sirkulasi darah yang lancar bisa mencegah timbulnya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Konsumsi coklat hitam

Banyak orang suka makan coklat hitam karena rasanya manis dan enak. Dibalik rasanya yang enak, ada manfaat yang terdapat di dalam coklat hitam. Tekanan darah dalam tubuh bisa terjaga dengan makan coklat ini. Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Italia pada tahun 2008 yang hasilnya mengatakan coklat hitam dapat menurunkan tekanan darah sistolik bila dikonsumsi selama 15 hari. Agar tekanan darah dalam tubuh tetap stabil, konsumsilah coklat hitam.

Sediakan alat pengukur tekanan darah di rumah

Tips selanjutnya yaitu dengan menyediakan pengukur tekanan darah di rumah. Cara ini cukup efektif karena Anda bisa mengontrol tekanan darah Anda setiap harinya. Saat ini ada alat pengukur tekanan darah digital sehingga sangat mudah digunakan oleh orang awam. Setiap waktu Anda bisa mengecek tekanan darah tinggi di rumah dengan alat ini.

Itulah beberapa tips mudah agar tekanan darah tidak tinggi. Cara-cara di atas termasuk cara yang mudah untuk diterapkan setiap hari. Membiasakan hidup dengan mendengarkan musik favorit, rajin tertawa, banyak mengkonsumsi coklat hitam dan selalu sedia alat pengukur tekanan darah tinggi di rumah bisa dilakukan sebagai kegiatan rutin sehari-hari. Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi segera periksa ke dokter agar mendapatkan pengobatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *