Tips Meredam Rasa Sakit Pada Masa Menstruasi

By | July 23, 2016

Membersihkan-Wajah

Menstruasi merupakan hal yang lazim dialami oleh wanita sejak usia 12 tahun sampai 50 tahun. Saat mengalami menstruasi, biasanya beberapa wanita menderita kram, pegal-pegal dan sakit perut. Hal ini tentu sangat mengganggu aktifitas Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips meredam rasa sakit pada menstruasi yang bisa Anda perhatikan pada uraian berikut ini.

Minum pil anti nyeri

Jika mengalami rasa sakit pada saat menstruasi, Anda bisa meminum pil antis nyeri untuk menghilangkannya. Agar lebih aman, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai pil apa yang sebaiknya Anda konsumsi. Hal ini karena setiap orang tidak cocok terhadap pil jenis tertentu. Minum pil merupakan cara instan agar rasa nyeri segera lenyap. Setelah beberapa lama, Anda bisa meninggalkan pil anti nyeri untuk mencari cara lain yang lebih aman tanpa efek samping agar nyeri saat datang bulan segera hilang.

Jangan makan makanan berlemak

Tidak mengkonsumsi makanan berlemak merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan rasa nyeri. Sebaiknya, pilihlah sayuran untuk menu makanan Anda. Kemudian, pilihlah susu yang tanpa lemak atau memiliki kandungan lemak yang rendah. Menjaga kondisi kesehatan agar lebih sehat bisa menjadi cara rasa nyeri saat menstruasi hilang. Agar kondisi kesehatan tubuh baik, konsumsilah beberapa makanan sehat seperti ikan, kacang-kacangan sayuran, dan buah-buahan.

Minum teh rempah

Saat ini banyak ditemukan teh yang berasal dari bahan rempah-rempah. Teh ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri karena bisa berperan seperti estrogen. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih tenang setelah minum teh tersebut. Kira-kira 7 minggu menjelang menstruasi, Anda bisa meneteskan minyak pepermin ke dalam teh yang akan Anda minum.

Konsumsi vitamin B1 dan minyak ikan

Minyak ikan dan vitamin B1 sangat bekerja efektif dalam mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Bahkan sudah ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa minyak ikan dan vitamin B1 dapat bekerja secara efektif.

Metode tusuk jarum

Pernahkan Anda mendengar metode tusuk jarum? Ternyata metode ini bisa meredakan nyeri saat menstruasi. Anda akan merasa rileks karena aliran darah lancar. Selain meredakan nyeri, tusuk jarum juga member dampak anti peradangan.

Tempelkan botol air panas pada pinggang

Saat Anda mengalami rasa nyeri menstruasi, cobalah ambil air panas dan masukkan ke dalam botol. Tempelkan botol yang berisi air panas tersebut pada pinggang atau punggung agar rasa nyeri bisa segera hilang. Selain menggunakan botol air panas, Anda bisa menggunakan nasi panas yang dimasukkan ke dalam kantong plastik lalu tempelkan ke punggung.

Makan makanan yang mengandung magnesium

Jenis makanan yang memiliki banyak kandungan magnesium yaitu sayur-sayuran berwarna hijau, alpukat dan sebagainya. Magnesium bisa membantu mengurangi nyeri pada saat menstruasi karena bekerja pada urat syaraf dan otot.

Itulah tips meredam rasa sakit pada masa menstruasi. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(Ika Pratiwi)

Gambar : courtesy of marin at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *