Tips Merawat Mobil Matic

By | July 14, 2016

Tips-merawat-mobil

 

Memiliki mobil matic sekarang ini sedang menjadi tren dalam masyarakat kita, terutama di kota-kota besar. Jalanan yang macet menjadi alasan memilih mobil bertransmisi otomatis ini, dimana kaki pengemudi tidak capek menginjak pedal kopling saat bermacet-macetan, Namun demikian, masih banyak orang yang belum tau cara merawat mobil matic ini.

Mobil Matic sebenarnya lebih mudah dan lebih praktis dalam perawatannya. Berbeda dengan mobil bertransmisi manual, mobil matic bila dirawat dengan benar tidak akan banyak menguras kantong Anda di dalam perawatannya. Ada beberapa jenis mobil matic belakangan ini. Mobil dengan transmisi otomatis dengan sistem konvensional, CVT Continuously Variable Transmission), Skyactive, dsb.Akan tetapi semua sistem dalam transmisi otomatis memiliki kesamaan dalam hal perawatannya.

Pengecekan Oli

Dalam merawat mobil matic, pengecekan rutin (tiap hari) untuk oli matic harus dilakukan. Cek oli matic melalui Dip Stick di kabin mesin, oli matic tidak boleh kurang dari yang ditentukan olek pabrik. Pengecekan ini dilakukan saat pagi hari, sebelum mobil dipanaskan.

Cek pula warna oli matic anda. Oli matic yang masih bening pertanda oli masih bagus. Apabila sudah berubah warna menjadi coklat susu, Anda harus waspada karena itu tandanya ada air yang masuk ke sistem transmisi.

Pengecekan juga bisa dilakukan setelah mobil dipakai bepergian. Caranya dengan melihat dip stick oli matic mobil Anda dan mencium bau oli yang ada pada dip stick. Apabila baunya seperti bau gosong, anda harus bersiap-siap untuk merogoh kocek Anda untuk perbaikan.

Ganti Oli Matic

Merawat Mobil Matic tentu saja tidak lepas dari pergantian oli transmisi secara berkala. Perhatikan buku servis anda untuk panduan pergantian oli matic. Jangan sampai terlambat dalam mengganti oli matic anda, karena bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. Kuras oli matic setiap 10.000 Km juga harus dilakukan dalam merawat mobil matic Anda.

Pemilihan Oli Matic

Pemilihan Oli yang tepat merupakan cara yang bijak dalam merawat mobil matic. Jika mobil masih garansi servis di bengkel resmi tentu ini tidak menjadi masalah, tetapi jika sudah cukup berumur maka Anda harus memilih oli matic yang sesuai dengan mobil Anda.

Pemeliharaan Radiator

Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa hubungannya radiator dengan merawat mobil matic. Tentu saja berhubungan karena, sistem pendingin ini juga mendinginkan transmisi matic mobil. Apabila sistem pendingin mobil ini tidak bekerja secara optimal, tentu saja akan mengganggu kinerja mobil matic anda.

Mengemudi Dengan Benar

Mengemudikan mobil matic secara benar juga adalah salah satu cara dalam merawat mobil matic. Pemakaian gear yang sesuai dengan kondisi jalan, selalu memposisikan gear ke posisi “P” saat parkir dan “N” saat macet/lampu merah. Akan sangat membantu memperpanjang usia transmisi matic.

Merawat mobil matic sebenarnya lebih mudah dari pada mobil manual karena mobil matic didesain untuk lebih simpel baik dalam pemakaian maupun perawatannya. Usia kanvas kopling mobil matic jauh lebih lama daripada mobil manual, hal ini dikarenakan kanvas kopling mobil matic terendam oli (basah). Jadi jangan ragu lagi untuk membeli mobil matic, karena sebenarnya merawat mobil matic jauh lebih mudah.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Blackzheep at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *