Tips Merawat Dan Menjaga Kesehatan Kuku

By | July 31, 2016

merawat-kuku

 

Kuku adalah salah satu organ tubuh yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebenarnya, kuku adalah tulang yang tumbuh pada ujung jari tangan ataupun kaki yang berfungsi sebagai pelindung ujung-ujung jari kita. Dimana ujung-ujung jari kita merupakan tempat kumpulan syaraf penting bagi tubuh. Kuku tampak kemerahan karena dibawahnya terdapat kapiler untuk menerima suplai darah. Pertumbuhan kuku lebih cepat dari tulang, yaitu ½-1,5 Cm per minggu.

Pada umumnya perawatan kuku rutin yang dilakukan orang adalah memotong kuku/mengikir kuku. Bagi kaum hawa perawatan kuku sedikit lebih dibanding pria. Manicure pedicure di salon sering kali dilakukan rutin bagi kaum wanita. Sebenarnya, fungsi untuk merawat kuku adalah agar tidak memberikan ruang bagi kotoran dan bakteri untuk bersembunyi di bawah kuku yang akan menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh. Namun demikian, perawatan kuku sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini tipsnya :

Merapikan dan Membersihkan Kuku

Seperti sudah dibahas di atas, merawat kuku secara sederhana adalah dengan memotong kuku agar terlihat rapi. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang ada pada sela-sela kuku, dan mengikir kuku setelah memotongnya. Anda juga dapat menyikat kuku Anda dengan sikat gigi dan sabun setiap kali mandi, sehingga kotoran di sela-sela kuku benar-benar bersih. Telur cacing sering bersembunyi di sela-sela kuku jari terutama pada anak-anak, apabila tidak dibersihkan, maka telur cacing bisa masuk ke dalam tubuh saat kita/Anak kita makan.

Melembabkan Kuku

Kuku yang kotor dan jarang dirawat biasanya akan mengalami banyak masalah kesehatan, seperti rasa nyeri, kemerahan, pembengkakan bahkan munculnya nanah. Oleh karena itu, sangat perlu untuk memberikan pelembab kuku dan kutikula. Cairan pelembab kuku sendiri biasanya dapat ditemui di salon-salon kecantikan atau toko-toko kecantikan. Anda bisa juga menggantikannya dengan meboleskan lidah buaya secara merata pada kuku tangan dan kaki.

Rajin Mencuci Tangan

Kegiatan mencuci tangan dengan sabun tidak terbantahkan manfaatnya di dunia kesehatan. Selain menghilangkan kotoran di tangan, cuci tangan menggunakan sabun antiseptik terbukti mampu mencegah penularan penyakit. Dalam mencuci tangan jangan lupa untuk membersihkan kuku dan sela-sela kuku juga, agar kebesihan kuku Anda tetap terjaga.

Mengkonsumsi Kalsium

Sebagai mana kita tau bersama, kuku adalah tulang yangtumbuh pada jari-jari kita. Oleh sebab itu, asupan kalsium sangat diperlukan oleh kuku. Mengkonsumsi susu, ikan, keju, kacang-kacangan, dan makanan lain yang mengandung kalsium sangat dibutuhkan oleh kuku kita.

Menggunakan Sarung Tangan

Gunakanlah sarung tangan saat mencuci piring atau pakaian, atau saat menggunakan peralatan dan bahan kimia. Cairan berbahan kimia separti pembersih dan diterjen dapat membuat kuku kehilangan kekuatannya, sehingga menjadi rapuh dan mudah patah. Cairan kimia juga dapat menyebabkan iritasi kulit di sekitar kuku yang dapat merusak jaringan di bawah kuku kita.

Dari tips di atas, kita dapat menjaga dan merawat kesehatan kuku kita sendiri dengan mudah. Hindarkan kuku untuk terkena zat kimia sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan kuku. Kegiatan manicure dan pedicure yang terlalu sering juga dapat membuat kuku rusak. Rawatlah kuku Anda agar terlihat sehat, cantik dan rapi. Demikianlah tips merawat kuku semoga bermanfaat..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *