Tips Merangsang Kecerdasan Calon Bayi Dalam Kandungan

By | July 31, 2016

bayi-dalam-kandungan

 

Tidak dipungkiri bahwa setiap orang tua pasti menginginkan anaknya terlahir sempurna dengan kecerdasan yang baik. Anda sebenarnya bisa mempersiapkan kecerdasannya mulai dari dalam kandungan. Rangsangan bisa diberikan sedini mungkin sangat bermanfaat demi perkembangan kecerdasannya.

Berikut ini ada beberapa tips merangsang kecerdasan calon bayi dalam kandungan yang sebaiknya Anda lakukan.

Makan makanan yang bergizi

Perhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Pastikan makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik karena makanan yang dimakan sang ibu nantinya akan diserap oleh janin. Penuhilah kebutuhan gizi sang bayi yang ada di dalam kandungan. Makanan yang baik untuk pertumbuhan kecerdasan bayi yaitu makanan yang mengandung nutrisi seperti asam folat, AHA, DHA dan omega 3. Ikan salmon, telur, ikan tuna dan minyak ikan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk perkembangan kecerdasan bayi. Susu dan sayur-sayuran juga sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil agar bayi dalam kandungan tercukupi kebutuhan mineralnya.

Merangsang dengan visual

Berikan rangsangan visual untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Oleh karena itu, rangsangan pada otak bayi akan berpengaruh terhadap otak si calon bayi. Hal ini akan menimbulkan adanya impuls-impuls listrik pada bayi. Ibu hamil sebaiknya membayangkan sesuatu yang indah, melihat pemandangan yang menarik, atau memikirkan sesuatu yang indah karena hal tersebut bisa merangsang pertumbuhan otak kanan sang bayi. Kemudian, untuk merangsang otak kirinya, sang ibu sebaiknya melakukan beberapa aktivitas seperti menulis, membaca buku, berhitung atau berfikir.

Merangsang melalui pendengaran

Selain merangsang melalui visual, kecerdasan calon bayi bisa dirangsang melalui pendengaran. Bayi dalam kandungan sudah mulai bisa merespon sesuatu pada usia trimester yang kedua. Pada masa ini, bayi sudah bisa menendang perut ibunya. Anda bisa merangsang bayi dengan memberikan alunan musik klasik yang indah. Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya berbicara dan bercerita cerita dongeng yang lucu. Anda juga bisa membacakan bacaan kitab suci pada sang calon bayi. Calon bayi sudah bisa mendengar apa yang Anda berikan untuknya pada usia sekitar 20 mingguan.

Pola makan teratur, tidur teratur dan hindari stress

Saat hamil, usahakan Anda memiliki pola makan dan tidur yang baik. Selain itu, Anda perlu menghindari stress karena hal ini tidak baik untuk perkembangan sang anak. Sebagian besar kegiatan anak di dalam kandungan yaitu tidur. Bayi yang ada di dalam kandungan akan mengikuti pola ibunya. Bila Anda melakukan pola makan dan tidur yang baik serta menghindari stress, bayi dalam kandungan akan merasa nyaman yang juga berpengaruh terhadap perkembangannya.

Demikian tips merangsang kecerdasan calon bayi dalam kandungan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat karena memiliki seorang anak dengan kecerdasan yang tinggi merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *