Tips Menyimpan Makanan Bayi Agar Tahan Lama

By | July 16, 2016

baby-food

Memasak makanan bayi terkadang sangat merepotkan. Hal ini karena setiap hari Anda harus menyiapkan menu makan berbeda untuk agar nutrisi yang didapatkan seimbang. Bagi yang memiliki asisten rumah tangga atau ada ibu yang membantu, mungkin hal ini tidak begitu merepotkan. Namun, bila Anda sendirian mengurus si bayi, Anda mungkin terpikir untuk membekukan makanan bagi agar lebih praktis. Sebenarnya boleh tidak sih makanan bayi dibekukan agar tahan lama?

Apakah membekukan makanan bayi aman?

Membekukan makanan bayi agar tahan lama boleh-boleh saja dilakukan. Bahkan di beberapa Negara seperti Amerika dan Kanada, pembekuan makanan bayi sudah biasa dilakukan oleh para ibu. Namun, pembekuan makanan bayi harus memperhatikan cara yang benar sehingga makanan tetap terjaga kebersihannya dan layak dikonsumsi oleh si bayi. Keuntungan membekukan makanan bayi yaitu Anda bisa memberikan menu berbeda dalam 1 hari. Dengan begitu, bayi tidak akan bosan dengan makanan yang hanya itu-itu saja.

Berikut ini tips menyimpan makanan bayi agar tahan lama:

1. Pertama-tama, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan untuk memasak makanan si bayi. Anda bebas menentukan bahan makanan apa yang akan dipakai.

2. Selanjutnya, potong kecil-kecil agar mudah dilunakkan.

3. Rebus bahan makanan yang telah dipotong hingga matang. Jangan terlalu banyak air agar tidak terlalu encer.

4. Haluskan bahan makanan dengan menggunakan blender.

5. Dinginkan bahan makanan yang telah dihaluskan.

6. Setelah dingin, tuang makanan yang telah halus ke dalam wadah pembuatan es. Jika wadahnya tidak memiliki tutup, Anda bisa menutupkan menggunakan plastik agar terjaga kebersihannya.

7. Masukkan ke dalam freezer agar beku.

8. Setelah beku, Anda bisa memindahkannya ke wadah yang lain. Sekarang, bentuknya sudah kotak-kotak kecil sehingga Anda lebih praktis digunakan.

9. Tutup wadah dengan rapat. Jika wadahnya menggunakan kantong plastik, cukup ikat plastik dengan rapat.

10. Langkah terakhir, beri label mengenai nama dan tanggal pembuatan. Hal ini sangat penting supaya Anda tahu sudah berapa lama makanan itu disimpan. Jika sudah lebih dari satu bulan, sebaiknya jangan diberikan ke bayi. Jika Anda sudah mencairkan makanan yang dibekukan, jangan bekukan kembali. Buanglah makanan sisa tersebut.

Itulah tips menyimpan makanan bayi agar tahan lama. Anda bisa memberikan makanan yang berbeda-beda dalam satu hari tanpa merasa ribet. Misalnya saja Anda bisa memberikan menu ayam yang dihaluskan pada pagi hari,  menu brokoli pada siang hari, dan menu ikan campur wortel pada malam hari.  Cukup ambil makanan yang telah dibekukan lalu cairkan.

Hmm, bagaimana mencairkan makanan beku yang benar? Caranya cukup mudah. Anda bisa mengambil makanan beku lalu ditaruh di mangkok. Kemudian, letakkan mangkok ke dalam rice cooker yang berisi nasi. Atur posisi warm. Makanan bayi yang telah dimasukkan ke dalam rice cooker akan cair dan hangat. Cukup simpel bukan?

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Jomphong at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *