Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

By | July 23, 2016

kesehatan-higienis

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Menjaga kesehatan tubuh kita tidak terlepas dari gaya hidup dan pola makan yang kita jalankan setiap harinya. Banyak orang, terutama yang masih muda seringkali mengabaikan pola hidup sehat terutama kesehatan ginjalnya. Padahal ginjal memiliki peranan yang sangat penting dan tak tergantikan bagi tubuh.

Tugas ginjal adalah membuang zat-zat beracun dalam tubuh melalui urin saat menyaring darah. Dengan menjaga kesehatan ginjal, fungsi ginjal akan bekerja optimal sehingga tubuh kita terbebas dari racun, Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan ginjal kita.

Olah Raga Secara Rutin

Manfaat olah raga selain menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh, ternyata juga berguna untuk membantu kesehatan organ-organ penting dalam tubuh. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa dengan olah raga secara teratur, pembentukan urin menjadi lebih lancar dan tak terhambat.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih memang merupakan minuman terbaik semua makhluk hidup di bumi ini. Apalagi tubuh manusia 70% nya adalah air. Dengan menjaga asupan air putih minimal 8 gelas per hari, kebutuhan cairan dalam tubuh akan terpenuhi. Dengan demikian, darah kita tidak kental sehingga ginjal dalam tugasnya menjadi lebih mudah. Selain itu pembuangan urin jadi lebih lancar.

Hindari Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab terganggunya kinerja dan fungsi ginjal.  Lemak yang terus menimbun akan menekan ginjal. Jika sudah demikian, ginjal akan kesulitan untuk memproses urin.

Menjaga Tekanan Darah

Anda mungkin bertanya-tanya akan kaitan tekanan darah dengan kesehatan ginjal. Tekanan darah yang tinggi berpotensi memiliki sakit ginjal. Maka dari itu Anda sebaiknya menjaga tekanan darah Anda. Dengan olah raga teratur, makan makanan yang sehat dan tidur yang cukup Anda akan menjaga tekanan darah Anda. Disamping itu, hindari stress yang dapat memicu tekanan darah Anda naik.

Perhatikan Pola Makan

Pola makan yang sehat tentu akan mempengaruhi kesehatan ginjal Anda. Karena ginjal berfungsi sebagai penyaring racun, maka makanan yang kurang sehat akan membuat ginjal bekerja dua kali lebih keras. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman berenergi dalam waktu yang lama apalagi saat dehidrasi. Selain itu makanan yang mengandung lemak jenuh dan gula juga tidak baik untuk ginjal. Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran adalah solusi tepat dalam menjaga kesehatan ginjal Anda.

Jangan Mengkonsumsi Obat Secara Berlebih

Hindari mengkonsumsi obat-obatan secara berlebih karena kebiasaan ini akan membuat kerja ginjal menjadi sangat berat. Obat-obatan seperti antibiotik dan obat nyeri sangat membebani kinerja ginjal. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk pemakaian obat-obatan yang Anda akan konsumsi.

Mengurangi Garam

Untuk menjaga kesehatan ginjal, mulailah mengurangi garam karena kinerja ginjal akan menjadi terhambat. Ketika garam terlalu banyak mengendap di dalam tubuh, tumpukan garam ini akan menjadi batu ginjal. Hindari pula makan makanan kalengan karena kandungan garam didalamnya biasanya sangat tinggi.

Itulah tips untuk menjaga kesehatan ginjal. Dengan menjaga pola hidup yang sehat, menjauhi alkohol dan rokok Anda juga turut menjaga kesehatan Anda terutama ginjal. Untuk memantau kesehatan Anda, sebaiknya medical check up secara rutin dapat Anda lakukan untuk memantau kesehatan Anda.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *