Tips Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

By | July 31, 2016

mimisan-pada-anak

 

Sakit radang tenggorokan adalah penyakit yang sering terjadi di musim kemarau. Cuaca panas ditambah debu beterbangan di mana-mana dapat menyebabkan daya tahan anak turun dan dapat terkena sakit tenggorokan. Radang tenggorokan terjadi saat bakteri dari kelompok streptokokus atau virus, menginfeksi serta menyebabkan peradangan di daerah tenggorokan dan sekitarnya. Menurut situs Wikipedia, hampir 80% kasus radang tenggorokan pada anak-anak disebabkan oleh virus.

Gejala yang disebabkan oleh serangan bakteri pada umumnya menimbulkan gejala yang lebih parah jika dibandingkan radang tenggorokan karena infeksi virus. Tanda-tanda radang tenggorokan mulai tampak dalam satu sampai empat hari setelah si buah hati terpapar sumber penyakit.

Gejala Munculnya Radang Tenggorokan :

Pangkal tenggorokan memerah.

Saat si kecil diminta membuka lebar mulutnya, akan nampak warna lebih merah bila dibagian dengan pangkal tenggorokanya. Kondisi tersebut menandakan adanya peradangan. Adanya bercak-bercak putih pada tenggorokan jika radang ini disebabkan oleh bakteri.

Sakit saat menelan.

Hal ini disebabkan oleh dinding tenggorokan yang mengalami peradangan. Maka saat si kecil menelan baik dengan atau tanpa makanan, mereka akan mengeluhkan rasa sakit.

Pembengkakan tonsil.

Efek lain dari peradangan adalah membengkaknya bagian tonsil. Orang awam selain dokter mungkin sulit untuk mengidentifikasi gejala ini karena tidak terbiasa melihat perbedaan tonsil bengkak dengan yang tidak.

Demam.

Demam tinggi yang mencapai suhu 38.3oC atau lebih sering muncul saat si kecil terserang bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Saat si kecil terserang virus, demam dengan suhu lebih rendah akan muncul.

Pembengkakan kelenjar getah bening.

Salah satu pertanda tubuh si kecil sedang mengalami infeksi termasuk infeksi penyebab radang tenggorokan adalah membengkaknya kelenjar getah bening dibagian pangkal atas leher.

Radang tenggorokan yang disebabkan bakteri terkadang menimbulkan gejala-gejala lain seperti sakit kepala, muntah, sakit perut, serta bercak merah pada kulit akibat infeksi bakteri yang telah menyebar ke bagian kulit.

Berikut adalah beberapa obat alami yang bisa Anda berikan pada anak yang mengalami sakit tenggorokan.

Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara alami yang dapat mengatasi sakit tenggorokan.

Teh Krisan

Beberapa bahan herbal telah terbukti efektif mengatasi sakit tenggorokan dan meningkatkan kekebalan tubuh, termasuk bunga krisan. Campurkan kelopak bunga krisan yang kering dalam secangkir air panas dan berikan pada anak Anda.

Makanan Dingin

Anda hanya boleh membiarkan anak makan es krim jika sakit tenggorokan yang dideritanya dan tidak berkaitan dengan demam atau influenza (misalnya karena radang pada amandel).

Jus Lemon Dan Madu

Madu telah lama dipercaya dapat melegakan tenggorokan dan mengurangi batuk di malam hari. Sedang lemon berkhasiat mengeringkan dahak. Campurkan masing-masing satu sendok makan madu dan lemon dalam cangkir. Lalu hangatkan dan berikan pada anak Anda.

Minum Air Putih Yang Banyak

Minum Air putih yang banyak mampu meredakan peradangan pada tenggorokan. Terkadang munculnya radang ternggorokan pada anak memang terjadi Karena kurang minum air putih.

Umumnya radang tenggorokan yang disebabkan virus bisa disembuhkan cukup dengan perawatan di rumah, namun ada kalanya orang tua harus membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan medis lanjut terutama jika si kecil mengalami suhu 38.5oC yang terus bertahan selama 1-2 hari, tidak mau makan, lemas, dan munculnya bercak merah di kulit.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, namun jika sudah terkena radang teggorokan semoga informasi di atas bermanfaat dalam mengobati radang tenggorokan anak Anda..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *