Tips Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah

By | July 24, 2016

mengatasi-bau-mulut

Memiliki bau mulut yang tak sedap sangat mengganggu karena membuat Anda tak nyaman. Bahkan, jika Anda bekerja dan mengharuskan bertemu dan berhubungan dengan banyak orang, masalah bau mulut menjadi masalah yang serius karena akan sangat mengganggu lawan bicara Anda. Hal ini akan memberikan dampak negatif.

Selain bisa mengganggu lawan bicara, bau mulut juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang terkena penyakit diabetes, jantung, ginjal, gangguan pencernaan dan sebagainya. Biasanya, bau mulut tersebut disebabkan oleh lubang pada gigi, sisa makanan yang tertempel di gigi, adanya karang gigi yang menguning dan lain sebagainya.

Berikut ini tips menghilangkan bau mulut dengan mudah. Coba praktekan cara tersebut sehingga bau mulut bisa hilang dan Anda kembali percaya diri.

Ketumbar

Anda bisa menggunakan ketumbar untuk menghilangkan bau mulut. Caranya ambil 1 sendok makan ketumbar. Rebus dengan air secukupnya, saring lalu minum.

Daun sirih

Daun sirih juga merupakan bahan yang bisa menghilangkan bau mulut. Gunakan daun sirih beserta rimpang lekuas. Rebuslah bahan-bahan tersebut. Saringlah lalu minum. Lakukan cara ini secara teratur.

Daun Jambu

Selama ini kita mengenal daun jambu sebagai obat diare. Ternyata daun jambu bisa digunakan untuk mengobati bau mulut dan memutihkan gigi secara alami.

Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang bisa mengatasi mulut yang berbau tak sedap. Pilihlah yogurt yang rendah lemak dan tidak mengandung gula. Ada bakteri yang terkandung pada yogurt yang bisa menghambat perkembangan sulfat pada mulut. Nah, sulfat tersebut merupakan penyebab bau mulut.

Konsumsi makanan bervitamin C

Ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin C. Anda bisa memilihnya untuk dikonsumsi setiap hari karena bisa meredakan bau tak sedap pada mulut. Vitamin C bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat pada mulut yang menyebabkan bau tak sedap. Selain itu, Anda akan terhindar dari penyakit sariawan jika asupan vitamin C dapat terpenuhi. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin C yaitu strawberry, chery, dan jeruk.

Bersihkan gigi setelah makan

Sisa makanan yang tertinggal di gigi bisa menyebabkan bau mulut tak sedap. Hal ini tak bisa dibiarkan. Maka dari itu, setelah makan sebaiknya Anda segera menggosok gigi agar tak ada makanan yang tersisi di mulut. Anda juga bisa menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan gigi karena ada sisa makanan. Namun, berhati-hatilah karena tusuk gigi bisa menyebabkan gusi berdarah.

Selalu basahi mulut

Perkembanga bakteri di mulut bisa meningkat jika mulut kering. Agar Anda terhindar dari bau mulut, pastikan bahwa mulut selalu basah. Anda bisa perbanyakminym, atau sediakan permen karet. Saat mengunyah permen karet, produski air liur pada mulut akan meningkat sehingga membuat mulut tetap lembab.

Semoga informasi mengenai tips menghilangkan bau mulut dengan mudah bisa bermanfaat bagi Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *