Tips Menghilangkan Bau Ketiak

By | July 24, 2016

bau-ketiak

Sebagaimana kita tahu, ketiak merupakan bagian tubuh yang tidak kelihatan namun apabila memiliki ketiak yang bau akan sangat mengganggu. Biasanya bau ketiak disebabkan karena adanya keringat yang bercampur dengan bakteri. Bau ketiak akan sangat mengganggu terutama ketika Anda berhubungan dengan orang lain. Seseorang yang berada di dekat Anda tidak akan nyaman. Hal ini tentu membuat Anda tidak percaya diri. Ada beberapa penyebab bau ketiak yaitu makanan, hormone, dan pola diet tidak seimbang.

Berikut ini ada beberapa tips menghilangkan bau ketiak, silahkan simak uraian berikut ini:

Jagalah kebersihan tubuh

Kebersihan tubuh harus selalu dijaga dengan mandi dua kali sehari. Mandi membuat kotoran yang bersarang di tubuh pergi sehingga tubuh akan kembali bersih bebas dari kuman bakteri.

Kurangi makan bawang putih dan bawang merah

Apakah Anda pernah mendengar bahwa bawang putih dan bawang merah bisa menyebabkan bau badan? Hal ini sangat benar. Bawang merah dan bawang putih memiliki kandungan belerang. Jika Anda memakan bawang tersebut, kandungan belerang akan keluar melalui pori-pori kulit. Inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

Jangan makan junk food

Junk food merupakan makanan cepat saji yang bisa membuat bau tak sedap. Makanan ini memiliki kandungan serat yang rendah sehingga bisa membusuk di dalam perut. Hal ini akan membuat nafas serta aroma tubuh menjadi tak sedap.

Gunakan daun sirih

Daun sirih memiliki kandungan antiseptik yang bisa melawan bakteri penyebab bau tak sedap. Ambilah 5 lembar daun sirih kemudian rebus dengan air secukupnya sekitar 2 gelas. Lalu diamkan beberapa waktu sampai air rebusan tertinggal sekitar 1 gelas saja. Minum air rebusan daun sirih tersebut. Anda bisa meminumnya sekali atau dua kali sehari.

Selain untuk diminum, Anda bisa menggunakan rebusan daun sirih untuk mandi agar bau tak sedap bisa hilang. Caranya dengan mengambil 10 lembar daun sirih dan rebus dengan air secukupnya. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk mandi. Bau tak sedap akan hilang dengan sendirinya. Jangan buang daun dari rebusan tadi karena daun ini bisa digunakan untuk digosok-gosokan pada ketiak.

Gunakan daun kemangi

Daun kemangi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Ada kandungan aktif yang terdapat pada daun kemangi untuk menghilangkan bau badan. Cobalah makan daun kemangi dengan menjadikannya lalapan.

Pakai deodorant

Setelah selesai mandi, gunakanlah deodorant agar Anda terbebas dari jamur dan bakteri.

Gunakan tawas

Anda bisa menggunakan tawas untuk membersihkan ketiak saat mandi. Tawas ini bisa menghilangkan bau tak sedap pada ketiak.

Gunakan cuka putih

Cuka putih bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya dengan mengoleskannya pada ketiak menggunakan kapas. Namun, jika Anda sudah menggunakan cuka putih, jangan gunakan deodorant sebab kedua bahan ini tidak boleh digunakan bebarengan.

Semoga beberapa tips menghilangkan bau ketiak di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *