Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan

By | July 23, 2016

tips-mengelola-keuangan

Setiap bulan pasti kita tak lepas dengan uang belanja. Semakin hari, kebutuhan semakin bertambah banyak saja. Beberapa barang harganya naik sementara gaji tetap sama. Untuk menyiasatinya kita harus jeli agar bisa menghemat uang belanja bulanan. Bagaimanapun, Anda tetap harus bisa menabung.

Berikut ini ada beberapa tips menghemat uang belanja bulanan sehingga Anda bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk ditabung. Apa sajakah itu?

Susunlah anggaran

Menyusun anggaran belanja tiap bulan sangat penting. Hal ini agar Anda bisa membelanjakan uang untuk kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang benar-benar Anda butuhkan, bukan kebutuhan yang Anda inginkan.

Kemudian, buatlah pos uang gaji untuk membayar beberapa tagihan seperti tagihan listrik, asuransi, cicilan rumah atau kendaraan, biaya pendidikan anak dan sebagainya.

Buatlah daftar belanja

Sebelum mulai berbelanja, Anda perlu membuat daftar belanja mengenai barang apa saja yang akan dibeli. Periksalah semua barang kebutuhan rumah yang perlu dibeli. Jika persediaannya maish dalam jumlah yang lumayan banyak, lebih baik tunda untuk membelinya. Dengan belanja membawa daftar barang yang dibutuhkan, Anda bisa menekan belanja barang yang hanya Anda “inginkan”.

Belilah produk private label

Apa sih produk private label itu? Produk private label yaitu produk yang memiliki merk menyerupai toko yang menjualnya. Nah, inilah yang dinamakan sebagai private label. Biasanya, harga barang ini jauh lebih murah dibandingkan barang yang bermerk di pasaran. Anda bisa memilih beberapa barang dengan private label untuk jenis tertentu seperti barang yang tidak mempengaruhi kesehatan keluarga. Barang yang bisa Anda beli misalnya pembersih lantai, kaca atau kain lap. Buktikan deh, pasti harganya lebih murah. Anda bisa berhemat.

Intip harga barang di tempat yang lainnya

Melakukan riset harga untuk membandingkan mana yang lebih murah sah-sah saja. Hal ini bisa sangat menguntunkan karena Anda akan mendapatkan barang yang sama namun dengan harga yang lebih murah. Biasanya, beberapa toko grosir memiliki harga yang lebih murah dibandingkan di toko eceran.

Belilah sayuran di pasar tradisional

Harga sayuran di pasar tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan harga sayuran di supermarket. Walaupun tempatnya tidak senyaman belanja di supermarket, Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Sayurannya pun jauh segar.

Susun menu makan satu minggu ke depan

Membuat rencana menu makan dalam satu minggu ke depan bisa menghemat pengeluaran. Anda bisa berbelanja sekaligus untuk keperluan seminggu ke depan. Buat rencana menu makanan apa saja kemudian belilah bahan-bahannya di pasar tradisional.

Manfaatkan kartu member toko

Biasanya sebuah toko tertentu akan menyediakan kartu member untuk pembeli. Dengan belanja menggunakan kartu member, terkadang ada program potongan diskon menarik. Nah, Anda bisa memanfaatkannya sehingga bisa lebih berhemat. Namun, Anda tetap harus berhati-hati jangan sampai terkena “jebakan” potongan harus berbelanja dalam jumlah yang banyak. Alih-alih berhemat, justru jumlah pengeluaran akan bertambah banyak.

Bagaimana? Semoga tips menghemat uang belanja bulanan bermanfaaat sehingga Anda bisa menambah uang tabungan sebagai dana investasi.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Punsaya at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *