Tips Menghemat Listrik

By | July 16, 2016

tips-hemat-listrik

Belakangan ini kita sering dipusingkan dengan harga-harga kebutuhan pokok yang melambung tinggi, termasuk salah satunya adalah naiknya tarif dasar listrik. Namun demikian, kita harus secara bijak dan cermat dalam berhemat terutama dalam menghemat pemakaian listrik di rumah. Berikut tips menghemat listrik yang anda dapat praktekan sendiri di rumah.

Matikan Lampu Saat Tidur Malam

Selain baik untuk kesehatan mata anda, tidur di malam hari tanpa menggunakan penerangan juga baik untuk menghemat listrik. Apabila Anda tidak terbiasa tidur dalam gelap, Anda bisa menggunakan lampu tidur dengan watt yang relatif lebih kecil, sehingga Anda bisa menghemat listrik.

Gunakan AC secara Bijak

Penggunaan AC secara berlebihan pastinya akan membuat tagihan listrik anda bengkak. Anda cukup menyalakan AC seperlunya, saat Anda memakai ruangan saja. Anda juga bisa mengaktifkan mode otomatis AC Anda saat Anda tidur. Mode otomatis ini akan bekerja sesuai dengan suhu yang anda minta. Sehingga pemakaian listrik pun menjadi lebih irit.

Menggunakan Barang Elektronik Hemat Energi

Saat Ini banyak ditawarkan barang-barang elektronik yang menggunakan daya yang rendah. Kita dapat mulai mengganti barang-barang elektronik lama kita yang lebih boros penggunaan listriknya dengan barang elektronik baru yang selain lebih kecil dayanya, namun lebih canggih fiturnya. Seperti penggunaan LED TV/Smart Tv, Kulkas yang hemat energi, Mesin cuci hemat listrik, mengganti tape rcorder Anda dengan Hi-fi stereo sytem, dll.

Mengganti Lampu Rumah

Menggatikan lampu rumah Anda dengan lampu hemat energi tentu adalah tips menghemat listrik yang harus anda lakukan. Saat ini, banyak ditawarkan lampu-lampu hemat energi seperti neon hemat energi hingga lampu LED yang menawarkan watt kecil dengan cahaya yang sangat terang dan pemakaian yang jauh lebih lama daripada lampu konvensional maupun neon. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan selera anda.

Matikan Televisi Anda

Menonton Televisi memang sudah menjadi kebutuhan kita. Namun, untuk menghemat listrik sebaiknya matikan televisi Anda apabila anda Anda tidak menontonnya. Apabila Anda sudah punya anak yang sedang sekolah, Anda juga dapat mengatur jadwal penggunaan televisi, sehingga anak anda punya waktu untuk belajar dan tentu saja Anda juga dapat menghemat listrik.

Cabut Charger Telepon Seluler/Laptop Anda

Penggunaan telepon seluler dan laptop kini sudah menjadi hal yang lumrah. Namun apabila Anda tidak sedang mengisi daya telpon seluler/laptop Anda, sebaiknya chargernya tidak dibiarkan menempel di colokan listrik.

Atur Waktu Bermain Game Anak

Bermain game adalah kebiasaan anak-anak sekarang. Walaupun demikian, kita tetap harus membatasi anak-anak kita dalam bermain game baik di komputer, telepon seluler maupun game konsol. Pembatasan ini akan menghemat pemakaian listrik dan juga dapat mencegah anak untuk kecanduan main game.

Selain 7 langkah di atas yang dapat Anda praktekkan dalam kehidupan sehar-hari, menghemat listrik tentu tak lepas juga dari instalasi listrik yang benar. Gunakan tukang istalasi listrik yang berpengalaman dalam mengatur instalasi listrik rumah Anda. Hal ini tentu saja selain bisa menghemat listrik, Anda juga tidak akan ditakutkan dengan korsleting listrik yang dapat membahayakan Anda.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Khunaspix at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *