Tips Menghemat BBM Secara Mudah Untuk Mobil Anda

By | July 13, 2016

Tips-Hemat-Bbm

Dengan semakin mahalnya harga bahan bakar minyak dan kebutuhan pokok, kita harus pandai-pandai mengatur keuangan kita agar tidak kebobolan dalam urusan Cash flow rumah tangga kita. Banyak hal yang menyebabkan kendaraan kita menjadi boros bahan bakar. Kemacetan seperti di Jakarta adalah salah satu penyebabnya, selain itu ada pula faktor pemilik kendaraan yang tidak merawat kendaraannya sehingga mesin menjadi boros bbm.

Berikut ini tips menghemat BBM secara mudah untuk mobil Anda

Pengecekan Berkala

Pengecekan berkala/servis secara rutin di bengkel resmi/spesialis sangat disarankan untuk megoptimalkan kinerja mesin kendaraan Anda. Ketika mesin Anda berada dalam performa terbaiknya, pasti penggunaan bbm juga menjadi efisien.

Tekanan Ban

Tekanan ban yang pas/sesuai standar pabrikan akan membuat pemakaian bbm menjadi lebih irit. Tekanan angin yang kurang akan menyebabkan beban yang lebih berat yang harus diterima oleh mesin sehingga pemakaian bbm pun menjadi boros.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas dan dibeli di SPBU resmi tentunya akan menambah efisiensi pemakaian bbm. Kota besar seperti Jakarta misalnya, konsumen sudah dimanjakan dengan kehadiran SPBU selain milik Pertamina yang bisa dijadikan alternatif untuk mengisi bbm Anda.

Modifikasi Seperlunya

Memodifikasi mobil Anda supaya tampak lebih keren itu sah-sah saja, akan tetapi perlu dilihat juga manfaat yang diberikan dari modifikasi itu sendiri. Salah satu contoh adalah mengganti ukuran ban dan velg mobil yang lebih besar secara berlebihan, normalnya mengganti ukuran diameter velg itu 2 inchi dari ukuran standar pabrikan. Karena jika lebih dari ukuran tersebut selain suspensi mobil akan terganggu, konsumsi bbm pun akan menjadi lebih boros.

Bawa Barang Seperlunya

Kebiasaan membawa barang-barang seperti, baju, tas, sepatu, berkas-berkas kantor yang menumpuk, dll dan meninggalkannya di mobil ini juga dapat menjadi penyebab borosnya konsumsi bahan bakar. Tidak terasa mobil kita diberi beban berat yang seharusya tidak perlu ada. Kebiasaan ini bisa menyumbang 10% borosnya konsumsi bbm mobil anda.

Hindari Kemacetan

Kota-kota besar seperti Jakarta memiliki problem macet. Namun demikian kita dapat menyiasatinya dengan memilih jalan alternatif yang lebih lancar, atau berangkat kerja lebih awal dan menghindari jam-jam sibuk. Jaman sekarang ini kemacetan pun bisa kita pantau secara real time melalui GPS dan aplikasi lain yang ada di smart phone anda.

Rubah Gaya Mengemudi

Gaya mengemudi yang agresif dan cenderung suka menginjak gas dalam-dalam secara tiba-tiba menyumbang penyebab borosnya pemakaian bbm. Hal ini diperparah dengan gaya mengemudi yang suka memain-mainkan gas mobil layaknya sopir bus metromini. Faktor terbesar borosnya pemakaian bbm pada mobil anda adalah dari gaya mengemudi kita sendiri.

Demikianlah tips menghemat BBM secara mudah yang bisa Anda praktekan. Silahkan mencoba.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of graur at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *