Tips Menghemat Baterai di Smartphone Android

By | July 31, 2016

smartphone

 

Boros baterai membuat para pemakai smartphone merasa kesal karena kenyamanan pemakaian terganggu. Apalagi saat Anda dalam situasi penting lalu tiba-tiba smartphone mati, pastilah membuat hati jengkel.

Untuk mengatasinya, berikut ini ada tips menghemat baterai di smartphone android agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Gunakan wallpaper berwarna gelap

Ternyata penggunaan wallpaper berwarna gelap bisa menghemat penggunaan baterai pada smartphone. Warna gelap seperti warna hitam memiliki piksel gelap sehingga daya yang digunakan sedikit.

Aktifkan Doze pada Android Marshmallow

Apabila tipe smartphone Anda yang menggunakan sistem operasi Marshmallow, aktifkan Doze karena bisa memaksimalkan baterai. Ketika Anda mengaktifkan aplikasi Doze, smartphone akan berada pada mode hibernasi kalau Anda tak menggunakannya dalam waktu yang cukup lama. Hibernasi artinye “tertidur” sehingga jika lama tak digunakan smartphone akan tertidur sehingga hanya akan kehilangan baterai 3% – 5% sepanjang malam, cukup hemat bukan?

Gunakan Greenify

Greenify bisa membuat aplikasi lain di smartphone dalam mode hibernasi. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk menghemat baterai karena aktivitas aplikasi pada background bisa dicegah.

Jangan gunakan auto brightness

Mengatur tingkat kecerahan warna dengan Auto brightness sebaiknya dihindari. Hal ini karena membuat tampilan layar smartphone terlihat lebih terang dibandingkan jika Anda mengaturnya secara manual.

Jika tampilan layar terlalu terang, baterai akan terpakai semakin besar dan smartphone akan boror baterai.

Atur screen timeout lebih singkat

Screen timeout merupakan batas waktu aktif layar. Aturlah screen timeout ini lebih singkat untuk menghemat penggunaan daya baterai. Apabila biasanya Anda menonaktifkan layar smartphone setelah 1 menit, ubahlah menjadi lebih singkat yaitu 30 detik.

Untuk mengaturnya, caranya yaitu dengan masuk ke menu “setting” kemudian “klik “display”. Nantinya akan ada pilihan “screen timeout”. Klik tulisan tersebut, lalu atur waktu lebih singkat dengan memilih 30 atau 15 detik.

Matikan notifikasi getar

Fitur getar pada smartphone ternyata bisa menyebabkan boros baterai pada smartphone Anda. Untuk menghematnya, matikan fitur getar tersebut untuk setiap notifikasi seperti panggilan masuk atau sms. Dibandingkan dengan nada dering, tanda getar membutuhkan daya baterai lebih besar. Mulai sekarang hindari penggunaan tanda getar agar smartphone tidak boros baterai.

Gunakan notifikasi lock screen

Khusunya pada smartphone jenis AMOLED, notifikasi lock screen bisa membuat baterai smartphone lebih hemat. Hal ini karena kita bisa melihat notifikasi tanpa menyalakan seluruh layar smartphone.

Gunakan baterai original

Baterai yang berkualitas bagus pastilah baterai yang original. Nah, jangan gunakan baterai yang tidak original kalau tidak mau smartpone Anda boros baterai.

Masuk ke mode ‘Do not disturb’ atau ‘Sleep’

Langkah terakhir, aturlah smartphone dengan menonaktifkan Wi-Fi jika tidak membutuhkannya. Selain itu, aturlah waktu “sleep” agar bisa menghemat baterai pada smartphone.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan agar smartphone Anda tidak boros baterai. Jika smartphone bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama, tentunya akan membuat Anda semakin nyaman.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *