Tips Mengelola hubungan yang baik dengan Stakeholder Proyek

By | July 9, 2016

Stakeholder-Proyek

Mengelola hubungan dengan stakeholder proyek yang sedang Anda tangani gampang-gampang susah. Pekerjaan Anda dimulai ketika sebuah proyek dimulai dan tidak akan berakhir sampai dengan proyek dinyatakan selesai (biasanya pada post project meeting). Dengan kata lain Anda butuh kekuatan atau tenaga ekstra. Selain Anda perlu memastikan (secara teknis) proyek Anda berjalan dengan lancar Anda juga perlu mengelola hubungan dengan orang-orang yang berkepentingan dengan proyek Anda, karena dari merekalah informasi serta support terhadap
proyek yang Anda tangani, diperoleh.

Berikut ini adalah tips yang dapat digunakan dalam mengelola hubungan baik dengan pemilik proyek (stakeholder proyek) :

1. Jangan lupakan semua stake holder (orang yang berkepentingan dan terlibat dalam project).

Catat nama-nama stakeholder proyek yang sedang Anda tangani. Masukkan mereka dalam anggota tim, sponsor proyek, dan siapapun yang berkepentingan terhadap hasil dari proyek.

2. Anggap orang-orang yang sering terlibat dengan project Anda sebagai pengguna dan kustomer.

Jangan acuhkan (sepelekan) mereka. Anda perlu mendengarkan apa yang mereka butuhkan serta dengarkan feedback dari mereka pada proyek yang sedang Anda tangani.

3. Bangun hubungan yang baik dengan stakeholder proyek sebelum Anda membutuhkan bantuan mereka.

Tepat waktu dalam membuat janji, tegur sapa serta obrolan-obrolan yang membangun akan sangat membantu dalam membangun hubungan yang baik dengan stakeholder proyek.

4. Berkomunikasi dengan stakeholder proyek dengan cara yang paling sesuai dengan gaya mereka, bukan dengan gaya Anda.

Ketika Anda berkomunikasi dengan stakeholder proyek Anda seperti pada saat berbicara langsung (face to face), bertelepon, email, chatting, dll, gunakan cara yang biasa mereka gunakan. Hindari memaksakan style Anda saat berkomunikasi dengan para stakeholder proyek Anda.

5. Manager yang baik adalah orang yang lihai dalam mempelajari perilaku orang-orang.

Pelajari apa yang membuat stakeholder proyek Anda termotivasi (bergairah) sehubungan dengan project Anda, dan gunakan itu untuk memotivasi mereka.

6. Dapatkan masukan dan feedback dari stakeholder proyek segera.

Minta tanggapan dari mereka terhadap progress dari project yang sedang Anda tangani serta catat feedback yang diberikan oleh para stakeholder proyek. Gunakan interaksi ini untuk membuat mereka perduli dengan hasil dari proyek.

7. Ketika ada permintaan untuk pekerjaan yang baru dari stakeholder proyek, tandai serta beritahukan dampak permintaan tersebut terhadap jadwal dari proyek yang sedang Anda tangani.

8. Berikan update proyek secara konsisten yang ditujukan untuk kepentingan para stakeholder proyek yang berbeda.

Saat Anda memberikan update proyek secara berkala, selalu berikan masukan nilai / angka dan hasil yang sebenarnya.

9. Ketika ada kabar baik atau berita baik terkait project, tunjukkan kabar tersebut pada stakeholder proyek bukan hanya untuk diri Anda sendiri.

Demikian lah tips mengelola hubungan yang baik dengan para stakeholder pada proyek yang sedang ditangani. Semoga tips ini dapat bermanfaat sebagai bahan referensi bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam menangani stakeholer proyek Anda.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *