Tips Mengatasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

By | July 30, 2016

tips-naik-pesawat

Banyak orang merasa sakit telinga saat naik pesawat. Hal ini mungkin saja pernah Anda alami. Jangan anggap sepele hal ini karena akan membuat keseimbangan telinga terganggu. Beberapa dari kita biasanya tidak akan menghiraukan hal ini sebab tidak terlalu mengganggu pendengaran. Namun, kalau ternyata bisa berakibat buruk bagi kesehatan telinga, Anda perlu memperhatikan beberapa tips mengatasi sakit telinga saat naik pesawat. Yuk simak uraian mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah telinga yang sakit berikut ini!

Penyebab sakit telinga saat naik pesawat

Telinga sering terasa seperti tersumbat saat naik pesawat karena adanya perbedaan tekanan udara antara bagian dalam dan luar. Biasanya, menelan ludah merupakan cara simpel dan mudah untuk mengatasinya. Cara ini dapat membuka saluran telinga (tuba) dalam terbuka dan udara bisa masuk melalui telinga tengah.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa melakukan teknik yang sangat sederhana ini. Misalnya karena sedang flu. Wah, kalau mengalami sakit telinga saat perjalanan, tentu membuat perjalanan menjadi tak nyaman. Biasanya akan dibarengi rasa sakit kepala.

Tidak perlu cemas, berikut ini ada tips mengatasi sakit telinga saat naik pesawat:

Makan permen

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat telinga tidak sakit saat sedang naik pesawat yaitu dengan makan permen. Makan permen bisa membuat saluran tuba terbuka sehingga tekanan udara luar bisa masuk ke telinga bagian dalam. Saat makan permen, produksi air ludah akan meningkat sehingga Anda akan terpaksa menelannya. Menelan ludah akan membuat saluran tuba terbuka sehingga rasa sakit telinga bisa terkurangi.

Menguapi telinga

Selain dengan menelan ludah, menguapi telinga juga bisa membuat saluran tuba terbuka. Cara menguapi telinga yaitu Anda bisa meminta segelas air panas kepada pramugari. Masukkan tisu ke dalam air panas tesebut, lalu dekatkan gelas yang menguap ke telinga.

Buktikan, rasa sakit telinga akan hilang sebab uap air bisa membuat sumbatan saluran tuba terbuka.

Menguap

Selanjutnya, Anda bisa menguap untuk menghilangkan rasa sakit telinga ketika naik pesawat. Udara yang terjebak dalam telinga akan terbebaskan sehingga telinga tidak akan terasa sakit.

Minum air putih

Minum air putih merupakan cara yang bisa diterapkan untuk anak kecil. Biasanya anak kecil akan rewel saat merasa sakit telinga. Segeralah beri air putih atau susu untuk mengurangi gejala tersumbatnya tuba.

Menutup hidung

Trik simpel yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit telinga di pesawat yaitu dengan menutup hidung. Tutuplah hidung dengan menggunakan satu tangan Anda, lalu tarik nafas dalam-dalam. Hembuskan udara tersebut secara perlahan dengan posisi mulut tertutup agar saluran tuba dapat terbuka.

Itulah beberapa tips mengatasi sakit telinga saat naik pesawat. Kalau sudah tahu caranya, Anda tak perlu khawatir lagi bepergian dengan naik pesawat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *