Tips Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Mudah

By | July 24, 2016

mengatasi-pilek

Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Biasanya, ada beberapa penyebab radang tenggorokan diantaranya karena perubahan cuaca, terkena infeksi, atau kurang minum. Penyakit ini memang tergolong penyakit yang tidak parah. Namun penderita penyakit radang tenggorokan akan mengganggu kegiatan rutin Anda. Bahkan bila tidak segera ditangani akan berubah menjadi penyakit yang parah.

Berikut ini beberapa tips mengatasi radang tenggorokan dengan mudah. Silahkan perhatikan supaya Anda bisa mengobati radang tenggorokan secara alami tanpa ada efek samping.

Air garam hangat

Garam sangat mudah ditemukan. Biasanya garam hanya digunakan untuk bumbu masak. Namun, dibalik khasiat utamanya untuk memberikan asin pada makanan, garam bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya mengobati radang tenggorokan.

Cara menggunakan garam untuk obat radang tenggorokan sangat mudah. Cukup campurkan setengah sendok makan garam pada segelas air hangat. Lalu minum air garam hangat tersebut secara rutin sehari 1 kali sampai radang tenggorokan sembuh.

Konsumsi permen mint

Permen mint selain bisa membuat nafas menjadi segar, juga bisa meredakan radang tenggorokan. Mint yang terkandung pada permen tersebut bisa mengurangi rasa nyeri. Selain menggkonsumsi permen mint, vitamin C juga sangat bagus untuk dikonsumsi saat radang tenggorokan. Vitamin C bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa daya tahan tubuh kuat, segala macam penyakit bisa sembuh.

Minum air putih

Minum air putih merupakan cara simpel dan mudah untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Perbanyak minum air putih setiap hari jika Anda terkena radang tenggorokan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi es saat terkena radang karena sistem kekebalan tubuh Anda lemah.

Sop Ayam

Sop ayam yang hangat  merupakan menu yang cocok diberikan pada penderita sakit radang tenggorokan. Penderita akan merasa tidak nyaman. Nah, sop ayam ini bisa memberikan rasa nyaman pada si penderita karena ada kandungan natrium sehingga akan membantu inflamasi pada tenggorokan. Tekstur sop ayam lembut sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang sakit radang tenggorokan. Radang tenggorokan ini membuat Anda susah menelan sehingga sebaiknya Anda makan makanan yang teksturnya lembut agar tidak sakit saat menelan.

Itulah tips mengatasi radang tenggorokan dengan mudah. Jika Anda terkena penyakit radang tenggorokan, segera obati agar penyakit tidak semakin parah. Biasanya orang yang terkena radang tenggorokan akan merasa susah menelan dan sakit kepala. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, Anda tidak bisa melakukan aktivitas harian Anda seperti mengerjakan beberapa pekerjaan rumah atau bekerja.

Jagalah kesehatan tubuh Anda dengan banyak berolahraga dan makan makanan bergizi supaya kekebalan tubuh tetap terjaga. Kekebalan tubuh yang bagus akan mencegah beberapa jenis penyakit menyerang Anda. Mari biasakan hidup sehat agar terhindar dari beberapa penyakit.

(Ika Pratiwi)

 

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *