Tips Mengatasi Pilek pada Anak Secara Alami

By | July 23, 2016

mengatasi-pilek

Saat musim hujan tiba, banyak anak terserang penyakit pilek. Tidak hanya anak, namun orang dewasa juga ikut terkena pilek.

Pilek termasuk penyakit yang tidak berbahaya. Namun, aktifitas sehari-hari akan terganggu jika terkena pilek. Kepala akan pening dan bernafas sulit, anak yang terkena pilek biasanya akan rewel.

Berikut ini tips mengatasi pilek pada anak:

Ajak anak tidur

Pilek bisa diatasi dengan istirahat cukup, yaitu dengan cara tidur. Kekebalan tubuh bisa melemah akibat seseorang kurang tidur. Anak yang terkena pilek biasanya akan sulit tidur di malam hari. Keesokan harinya cobalah tidurkan anak lebih awal. Misalnya anak memiliki kebiasaan tidur siang jam 12. Anda bisa menidurkannya lebih awal pada jam 11.

Perbanyak cairan

Pilek membuat hidung mampet. Berikan anak air putih hangat atau perasan jeruk nipis yang dicampur madu. Minuman ini bisa membuat hidung mampet menjadi lega. Hindari minum kopi ataupun minuman bersoda karena akan menyebabkan anak mudah buang air kecil sehingga cairan akan berkurang.

Berikan sup ayam hangat

Memberikan sup ayam hangat saat anak pilek merupakan cara yang cukup efektif. Banyak orang merasa lebih baik setelah makan sup ayam hangat saat pilek. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ada kandungan sistein pada sup ayam yang bisa mengurangi lendir pada hidung. Selain itu, bumbu-bumbu sup ayam seperti merica dan bawang putih bisa mengurangi lendir. Pernyataan ini menurut Debra Fulghum Bruce PhD.

Berikan probiotik

Prebiotik dapat membuat kekebalan tubuh meningkat. Dengan begitu anak yang terkena pilek akan cepat sembuh bila diberikan prebiotik. Contoh minuman probiotik yaitu yogurt dan minuman yang mengandung Lactobacillus.

Berikan air garam

Pilek bisa diredakan dengan meminum air garam. Berikan anak air garam yang dilarutkan dengan air hangat. Cara membuat larutannya yaitu ambil garam sekitar ¼-½ sendok teh garam dalam 236 ml air hangat.

Selain diminum, air garam juga bisa diteteskan pada hidung bila anak sudah berumur lebih dari 4 tahun.

Berikan vitamin C

Vitamin C terbukti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa menyembuhkan pilek. Saat muncul gejala pilek, berikan anak vitamin C sesuai dengan dosisnya yaitu 45 mg untuk anak usia 5 tahun. Anak yang berusia kurang dari 5 tahun tidak perlu diberikan vitamin C. Cukup berikan vitamin C alami yang berasal dari buah dan sayur untuk anak batita (bawah lima tahun).

Menghirup uap air

Mengirup uap air yang mengepul bisa membantu meredakan hidung tersumbat pada anak yang pilek. Tuangkan air panas pada baskom, kemudian mintalah anak duduk di depannya. Agar lebih efektif, campur air panas dengan minyak kayu putih atau balsem. Pernafasan akan menjadi lega setelah menghidup uap air tersebut.

Gunakan penyedot ingus

Biasanya penyedot ingus digunakan untuk bayi. Jika anak belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri, Anda bisa menggunakan penyedot ingus ini.

Semoga anak Anda cepat sembuh dari pilek. Yuk sebarkan tips mengatasi pilek pada anak kepada yang lain agar lebih bermanfaat bagi kesehatan anak Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *