Tips Mengatasi Cegukan

By | July 24, 2016

cegukan

Cegukan merupakan hal yang sangat mengganggu aktifitas. Apalagi bila cegukan itu kita alami saat jam kantor atau waktu berada di sekolah, tentunya hal ini sangat mengganggu konsentrasi, membuat tidak nyaman bahkan membuat risih orang yang berada di dekatnya.

Cegukan ini dapat terjadi karena adanya kontraksi otot – otot diafragma yang tidak terkendali. Diafragma memisahkan antara dada dan perut yang membantu manusia untuk bernafas. Penyebab cegukan antara lain karena makan terlalu cepat, makanan pedas, mengkonsumsi alkohol, menelan udara, merokok, stress, minum yang panas kemudian diikuti minuman dingin, minuman berkarbonasi dan sebagainya.

Banyak orang yang ketika mengalami cegukan telah mencoba berbagai cara untuk menghentikan cegukan yang berulang – ulang namun tetap tidak berhenti. Normalnya cegukan akan hilang dengan sendirinya dalam 48 jam. Bila cegukan berlangsung secara terus menerus akibatnya daerah antara dada dan perut akan terasa pegal – pegal, insomnia, kelelahan dan terkadang depresi bagi yang mengalaminya.

Untuk mengatasi cegukan, Anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini:

  1. Bernapas dalam kantong kertas

Cara ini akan meningkatkan karbon dioksida dalam aliran darah yang dapat mengatasi cegukan. Caranya adalah dengan bernapas dalam sebuah kantong kertas, kemudian tiup dan hirup kantong kertas tersebut sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah. Lakukan dengan cepat dan usahakan kantong kertas yang digunakan dalam kondisi tertutup rapat agar tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.

  1. Menahan napas

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali kemudian tarik napas dalam – dalam dan mulai menahan napas lagi.

  1. Telan satu sendok gula

Menelan satu sendok teh gula pasir kering dipercaya dapat menghentikan cegukan. Diduga, gula dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan. Cara perlu diperhatikan agar lebih hati-hati bagi yang menderita diabetes.

  1. Pijat sisi leher

Melakukan pijatan ringan dengan jari telunjuk di kedua sisi pada leher ( pemijatan sinus karotis ), tarik napas dalam – dalam lalu minum 10 tegukan air tanpa bernapas.

  1. Pijat langit – langit mulut

Lakukan cara ini dengan sangat hati – hati menggunakan bola kapas. Pijat juga secara perlahan di sekitar permukaan rahang atas hingga ke bagian tenggorokan Anda.

  1. Minum atau berkumur

Minum atau berkumur dengan air dapat mengganggu saraf yang menyebabkan cegukan. Minum secara perlahan dan terus menerus dapat menghilangkan cegukan.

  1. Batuk atau bersin

Jika cara diatas belum berhasil, cobalah untuk batuk atau bersin. Dengan batuk atau bersin akan menyebabkan otot diaframa mengerut sehingga akan menghentikan cegukan.

  1. Es batu

Es batu dapat menenangkan saraf iritasi dan dapat membantu dalam menghilangkan cegukan. Caranya dengan memasukkan es batu ke dalam mulut Anda atau gosokkan dengan lembut pada wajah. Minta bantuan orang lain untuk menggosok – gosokkan es batu di wajah tanpa sepengetahuan Anda. Merasa dingin tiba – tiba tanpa antisipasi akan membuat cegukan Anda menghilang.

Itulah beberapa cara sederhana mengatasi cegukan dengan cepat. Semoga salah satu cara diatas bisa membantu menghilangkan cegukan Anda.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *