Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

By | July 31, 2016

bibir-kering

 

Mengalami bibir kering dan pecah-pecah memang menyakitkan. Selain itu,  bibir pecah-pecah juga berpengaruh terhadap penampilan. Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Perhatikanlah tips berikut ini!

  • Oleskan pelembab

Pelembab bibir akan membantu bibir terhidrasi sehingga akan menyerap kelembaban dengan mudah. Agar bibir tidak kering dan pecah-pecah,  tentu saja kita harus membuat bibir tetap dalam keadaan lembab sepanjang hari. Beberapa pelembab bibir alami yang bisa digunakan misalnya mentega, minyak vitamin E, serta minyak kelapa.

  • Gunakan lip balm

Memakai lip balm juga bisa menjadi salah satu cara pencegahan bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, iritasi bibir dapat terhindarkan karena pemakaian lip balm. Gunakan lip balm setiap satu atau dua jam sekali agar bibir tetap lembab. Lalu, pilihlah lip balm yang mengandung SPF minimal 16 agar melindungi bibir Anda dari sengatan matahari.

  • Gunakan Vaseline

Vaseline tidak bisa melembabkan bibir, namun Vaseline bisa melindungi bibir dari sengatan sinar matahari yang bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, jika ingib bepergian keluar rumah, Anda bisa menggunakan Vaseline sebagai pelindung bibir.

Itulah beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cukup mudah bukan? Nah masih ada informasi penting lainnya untuk diperhatikan yaitu mengenai pencegahan bibir iritasi. Yuk simak uraiannya

  • Hindari penggunaan lipstick dengan pewarna

Jika terjadi alergi akibat penggunaan lipstick dengan pewarna, sebaiknya berhenti menggunakannya. Pilihlah lipstick yang tidak menggunakan pewarna karena lebih aman sehingga tidak menimbulkan iritasi.

  • Jangan menjilat bibir

Tahukah Anda jika kebiasaan menjilat bibir bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah? Meskipun menjilat bibir membuat tampak basah, namun justru bisa membuat bibir pecah-pecah. Gunakanlah pelembab untuk melembabkan bibir.

  • Hindari makanan tertentu

Iritasi bibir juga bisa disebabkan karena makanan. Janganlah makan makanan yang pedas dan asam karena bisa menyebabkan bibir mengalami iritasi. Jenis makanan yang sebaiknya dihindari antara lain: cabai, makanan yang sangat asam misalnya tomat, mangga asam dan sebagainya.

Jika bibir kering dan pecah-pecah sudah sembuh, Anda harus melakukan pencegahannya agar tidak kembali mengalami bibir yang kering.

  • Banyak Minum Air Putih

Dehidrasi terjadi karena kekurangan minuman. Nah, dehidrasi bisa menjadi tanda bibir kering. Lama kelamaan bibir kering bisa menjadi pecah-pecah. Usahakan minum yang banyak setiap hari untuk mencegah dehidrasi. Baiknya minum minimal 8 gelas perhari.

  • Selalu Gunakan Pelindung Bibir

Selalu pakailah pelindung bibir saat bepergian agar bibir terlindungi dari sinar matahari dan angin yang bisa menjadi penyebab bibir kering. Pakailah lip balm sebelum Anda pergi ke luar rumah.

  • Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Nutrisi Lainnya

Vitamin dan beberapa nutrisi untuk bibir perlu diperhatikan agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. Vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh bibir yaitu Vitamin B, multivitamin, besi, asam lemak esensial,  dan mineral supleme.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *