Tips Mendidik Anak Supaya Mandiri dan Tidak Manja

By | July 16, 2016

tips-mendidik-anak

Setiap orang tua pasti mendambakan memiliki anak yang bisa dibanggakan. Proses mendidik anak itu tidak mudah. Biasanya, orang tua akan melakukan segala hal untuk kebahagiaan anaknya. Membiasakan anak hidup dengan penuh fasilitas yang sebetulnya dia tidak perlu akan mempengaruhi pertumbuhannya sehingga menjadi manja. Berhati-hatilah dalam mendidik anak karena akan berpengaruh terhadap masa depannya.

Berikut ini beberapa tips mendidik anak supaya mandiri dan tidak manja yang penting untuk diketahui.

Jangan Turuti Semua Keinginan Anak

Kebanyakan orang tua menuruti semua keinginan sang anak karena alasan rasa sayangnya. Hal ini tidaklah benar karena anak akan cenderung manja. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, anak akan tumbuh menjadi pemalas karena berpikir apa yang dia inginkan bisa terwujud dari pemberian orang tua.

Jangan terlalu banyak larangan

Anak memiliki naluri ingin tahu terhadap sesuatu sehingga mereka selalu ingin mencoba hal yang baru. Pada umumnya orang tua selalu melarang anak melakukan hal yang berbahaya. Namun, tahukah Anda bila semakin dilarang anak akan semakin penasaran untuk melakukannya. Hal itu akan membuat anak berbohong kepada orang tua. Sebaiknya beri pengertian tentang resiko yang bisa terjadi ketika melakukan hal yang berbahaya.

Ajarkan anak untuk selalu jujur

Jujur merupakan sifat yang harus ditanamkan pada anak sedari dini. Sebagai orang tua jangan sekali-kali memberikan contoh berbohong. Ajaklah anak untuk selalu bersikap terbuka semisal mengenai perasaannya dan masalah yang sedang dihadapi. Melalui cara ini, Anda sudah mulai mengajarkan untuk berlaku jujur.

Jangan hukum anak dengan kekerasan fisik

Apapun kesalahan anak, jangan hukum dia dengan kekerasan fisik seperti memukulnya. Hukuman fisik justru akan melukai fisik dan hatinya. Sebaiknya berilah hukuman yang mendidik seperti mengerjakan pekerjaan rumah.

Berilah kasih sayang dan perhatian

Sudah menjadi hak anak untuk mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari kedua orang tuanya. Ingat ya, perhatian bukan hanya soal materi. Orang tua yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk menemani sang anak akan membuat perkembangannya tidak baik. Berikan waktu Anda untuknya seperti dengan menemaninya belajar. Anak akan merasa semangat dengan hadirnya Anda disampingnya.

Itulah beberapa tips mendidik anak supaya mandiri dan tidak manja. Semoga Anda bisa menjadi orang tua yang amanah sehingga bisa mendidik anak dengan cara yang tepat.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *