Tips Mendekorasi Kamar Tidur Sempit

By | July 11, 2016

Tips-dekorasi-kamar

Keinginan untuk memiliki kamar tidur yang luas rupanya tidak bisa dinikmati oleh semua orang. Minimnya lahan perumahan khususnya di kota – kota besar membuat kita harus kreatif untuk mendekorasi kamar tidur sempit menjadi terkesan luas.

Kamar tidur sempit bisa membuat penghuninya kurang nyaman. Apalagi ditambah banyaknya barang elektronik seperti TV dan komputer, akan membuat udara didalam kamar menjadi lebih panas. Hal ini disebabkan karena barang elektronik yang ada mengeluarkan hawa panas ketika dipakai, dan jika sirkulasi udara didalam kamar tidur kurang baik maka kamar akan menjadi panas dan sumpek. Lalu bagaimana menyiasatinya?

Berikut ini adalah tips mendekorasi kamar tidur sempit agar terkesan luas :

Sirkulasi Udara

Walaupun memiliki kamar tidur dengan ukuran yang kecil, jangan abaikan pentingnya sirkulasi udara dari luar. Buatlah jendela tinggi dan besar yang menghadap keluar rumah. Pencahayaan yang cukup dan udara yang bersih akan membuat ruangan terlihat lebih cerah, segar dan besar. Jika tidak memungkinkan, bukalah kamar tidur Anda jika tidak sedang dipakai. Udara didalam kamar perlu berganti setiap hari agar penghuninya tetap sehat.

Pemilihan Cat Tembok

Jika kamar tidur Anda sempit, jangan gunakan dua atau lebih warna cat tembok. Hal ini akan menambah kamar menjadi terkesan lebih sempit. Pilihlah warna cerah untuk menampilkan ruangan yang lebih segar dan terkesan luas. Contoh warna yang bisa dipakai adalah biru muda, merah muda, putih, kuning muda, dan warna lain yang terang. Hindari penggunaan warna gelap karena akan membuat kamar tidur menjadi terkesan sempit dan pengap.

Gunakan Furniture Multifungsi

Furniture yang memiliki lebih dari satu fungsi sangat membantu dalam mendekorasi kamar tidur yang sempit. Misalnya Anda bisa memakai tempat tidur dengan paduan laci di bagian bawahnya untuk menyimpan baju Anda. Jangan memasukkan terlalu banyak perabotan tapi pilihlah yang benar – benar Anda butuhkan. Desain furniture juga harus diperhatikan. Pilihlah desain furniture yang minimalis sehingga kamar Anda masih memiliki ruang untuk bergerak dengan nyaman.

Gunakan Rak Gantung

Jika terpaksa memakai rak untuk buku – buku Anda, buatlah rak kayu sederhana dari panel kayu yang bisa dipasang di dinding. Pasanglah di dinding dengan posisi yang tinggi agar ruangan terkesan lebih tinggi dan lega.

Pasang Kaca Besar

Memasang kaca besar di salah satu bagian dinding bisa juga menciptakan kesan yang luas pada ruangan. Anda juga bisa mendekorasi dinding ruangan dengan stiker – stiker dinding sederhana untuk mempercantik ruangan.

Memilih Tirai Yang Tepat

Pemilihan tirai jendela yang sesuai untuk mendekorasi kamar tidur sempit sangat diperlukan. Pilih tirai dengan desain minimalis dan terkesan ringan. Hindari memilih gorden jendela yang terkesan berat dan berlapis – lapis. Pemilihan warna yang sesuai dengan warna dinding juga akan menghasilkan kamar yang terkesan cantik dan luas.

Jika saat ini kamar tidur Anda masih terkesan sempit, mulailah mengatur ulang perabotan yang ada. Keluarkan perabotan yang dirasa kurang bermanfaat, dan bila memungkinkan gantilah dengan perabotan yang multifungsi. Cat ulang kamar Anda dengan warna yang cerah sesuai selera Anda.

Demikian Tips Mendekorasi Kamar Tidur Sempit menjadi terkesan luas, segar dan cerah. Semoga bermanfaat.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Khongkitwiriyacan at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

One thought on “Tips Mendekorasi Kamar Tidur Sempit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *