Tips Mencegah Mata Lelah

By | July 31, 2016

mata

Mata lelah sering dialami oleh banyak orang. Biasanya mata lelah ditandai oleh beberapa gejala seperti mata pegal, panas dan gatal. Sebenarnya, mata lelah tidak begitu berbahaya. Namun bila dibiarkan, tentu akan mengganggu aktivitas rutin sehari-hari. Bahkan, mata lelah bisa menjadi tanda bahwa ada penyakit yang lebih serius lagi.

Penyebab mata lelah

Mata lelah bisa terjadi karena berbagai kegiatan harian yang membutuhkan mata fokus. Misalnya yaitu membaca buku, menyetir mobil, serta terlalu lama di depan layar komputer atau smartphone.

Gejala mata lelah

Ada beberapa gejala mata lelah yang biasa dialami oleh beberapa orang, diantaranya:

  • Mengalami iritasi atau nyeri mata
  • Mata kering atau berair
  • Pandangan kabur atau ganda
  • Mata lebih sensitive terhadap cahaya
  • Merasakan nyeri pada leher, bahu dan punggung

Gejala-gejala mata lelah di atas dapat mengganggu aktivitas Anda. Jika Anda kurang tidur, gejala akan makin memburuk. Sebaiknya istirahat yang cukup agar mata bisa mengalami relaksasi saat tidur.

Cara Mencegah Mata Lelah

Mata lelah bisa dicegah dengan tidak melakukan perubahan terhadap beberapa kebiasaan buruk. Yuk simak tips berikut ini!

  • Jika Anda bekerja menggunakan komputer, aturlah layar komputer dengan menempatkan layar dengan jarak sekitar 20 sampai 26 inchi dari mata. Lalu, jaga kebersihan layar agar terhindar dari debu karena bisa mengganggu kecerahan dan kontras layar. Aturlah kecerahan layar secara tepat.
  • Anda perlu melakukan perubahan pada lingkungan kerja agar kerja bisa lebih nyaman. Misalnya Anda harus mengatur cahaya agar tidak terlalu silau, pakai kursi yang nyaman dan letakkan beberapa dokumen di dekat komputer sehingga Anda tidak perlu bolak-balik mencari dokumen yang dibutuhkan.
  • Ketika bekerja menggunakan komputer, sebaiknya Anda sering melihat benda-benda yang jaraknya jauh agar mata tidak terlalu lelah. Kemudian, Anda juga perlu berdiri atau berjalan di sela-sela kesibukan Anda untuk meregangkan otot punggung dan leher.
  • Rawatlah mata Anda dengan mengompresnya ketika merasa mata lelah atau kering. Gunakanlah air yang hangat untuk mengompres mata. Lalu, jika Anda merasa mata dalam keadaan kering, Anda bisa meneteskan obat tetes mata.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mata lelah. Cukup mudah dilakukan bukan? Jika Anda sudah melakukan perawatan mata lelah di rumah, namun kondisinya tidak berangsur membaik segeralah periksa ke dokter. Perlu Anda ketahui bahwa mata lelah juga bisa menjadi tanda suatu penyakit tertentu. Anda perlu melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut agar mengetahui penyebab kondisi ini. Bisa saja dokter akan merujuk ke dokter spesialis agar mata Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga informasi ini bermanfaat. Tetap jaga mata Anda dan hindari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mata lelah.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *