Tips Mencegah kebotakan Secara Alami

By | July 31, 2016

botak

Rambut adalah mahkota kita, terutama bagi wanita. Masalah pada rambut seringkali mengganggu kita, karena masalah rambut ini berkaitan dengan rasa percaya diri. Penampilan kita sedikit banyak bergantung pada rambut kita. Pada kaum pria, masalah kebotakan di usia muda sering menjadi momok yang menakutkan. Botak sering diidentikan dengan kejeniusan seseorang, namun sebenarnya tidaklah demikian. Banyak faktor yang menyebabkan kebotakan.

Pada beberapa orang, mengatasi kebotakan dengan mencukur habis rambutnya atau diplontos. Namun cara ini tentu tidak begitu efektif dan kurang membuat nyaman pada beberapa orang. Alasannya sederhana saja, tidak semua orang akan tampak bagus jika diplontos. Sebelum mengetahui tips mencegah kebotakan, ada baiknya kita tau dulu penyebab  kebotakan itu sendiri.

Stress

Stress dapat berpengaruh terhadap kebotakan, karena secara tidak langsung stress menyebabkan dan memperpuruk kerontokan rambut. Saat pria stress, dia akan melarikan diri ke rokok atau minum minuman beralkohol untuk menenangkan pikirannya. Hal ini justru akan memperburuk kerontokan rambut. Lebih baik menanganinya dengan cara yang aman saja, seperti bermeditasi atau berolah raga.

Usia

Faktor usia memang berpengaruh terhadap folikel rambut. Folikel rambut akan semakin turun seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Genetik

Faktor keturunan sangat berperan penting dalam masalah kebotakan. Orang dengan keluarga yang botak, akan lebih beresiko mengalami kebotakan.

Dari penyebab kebotakan di atas, kita dapat menggunakan beberapa cara alami untuk mengatasi gejala kebotakan yang cukup mengganggu ini. Berikut adalah tipsnya:

Santan

Santan kelapa memiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan produksi folikel rambut, sehingga pertumbuhan rambut tidak terhambat. Caranya cukup mengoleskan santan ke kulit kepala dan rambut secara menyeluruh dan merata.

Telur

Telur mampu menumbuhkan rambut dan merawat kesehatan rambut agar hitam berkilau. Biasanya putih telur digunakan untuk mengatasi rambut kering dan kusam, maka kuning telur dapat digunakan untuk mengatasi kebotakan. Caranya, cukup dengan dioleskan ke kepala, jangan lupa selingi dengan pijatan lembut.

Kulit Apel

Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan ini ternyata juga mampu dipakai untuk mencegah kebotakan. Apel dapat melancarkan darah sehingga pertumbuhan rambut juga akan lancar. Makan Apel sebaiknya jangan dikupas kulitnya, karena nutrisi yang ada pada kulit dan lapisan bawah kulit apel ini sangat banyak.

Kemiri

Manfaat biji kemiri sudah tidak diragukan lagi untuk menumbuhkan rambut dan sebagai penghitam rambut. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan membakar biji kemiri lalu dihaluskan dan kemudian dioleskan pada rambut dari akar sampai ujung. Diamkam semalaman dan esok harinya Anda tinggal membersihkannya dengan berkeramas.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun selain berguna untuk menumbuhkan rambut juga berfungsi sebagai bahan yang bisa menyehatkan rambut kuta. Cukup dengan mengoleskannya pada rambut kita setiap malam menjelang tidur, dan dibiarkan hingga pagi.

Cuka

Cuka berfungsi untuk mengurangi ketombe yang menyumbat kulit kepala, sehingga menghambat pertumbuhan rambut.

Demikianlah tips untuk mencegah kebotakan secara alami. Biasakan juga memijat kulit kepala anda dengan memakai hair tonic setiap kali habis keramas, agar peredaran darah di kepala lancar.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *