Tips Mencegah Demam Berdarah

By | July 24, 2016

demam-berdarah

Saat musim hujan, banyak sekali genangan air. Genangan air yang dibiarkan akan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Nah, salah satu jenis penyakit yang sering terjadi di musim penghujan yaitu demam berdarah dengue (DBD). Orang akan merasa lemas bila terkena penyakit ini. Penyakit DBD disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti yang terinveksi virus dengue. Penyakit ini dapat berakbiat fatal. Banyak orang yang menyebut penyakit demam berdarah sebagai demam sendi.

Gejala-gejala demam berdarah

Orang yang terkena penyakit demam berdarah akan memiliki beberapa gejala yang akan terlohat setelah empat atau sepuluh hari. Gejala-gejala tersebut yaitu:

  1. Merasa demam tinggi
  2. Merasa sakit kepala berat
  3. Merasa nyeri di bagian belakang mata
  4. Merasa mual atau nausea
  5. Merasa mual
  6. Mengalami pembekaan kelenjar
  7. Mengalami muntah-muntah
  8. Mengalami pembengkakan kelenjar
  9. Merasa nyeri pada persendian
  10. Ruam

Itulah beberapa gejala yang dialami oleh penderita demam berdarah. Namun, ada gejala terparah yang biasa dialami oleh penderita demam berdarah yaitu syndrome demam berdarah itu sendiri. Penderita akan mengalami pendarahan, pembuluh darah bocor, dan rendahnya trombosit darah. Trombosit darah bisa menyebabkan darah si penderita membeku. Kemudian, syndrome yang kedua yaitu syndrome renjat dengue. Syndrom ini bisa menyebabkan tekanan darah rendah.

Cara pengobatan

Sampai saat ini, belum ada jenis vaksin yang bisa mengobati demam berdarah. Untuk pengobatannya, ada beberapa jenis pengobatan yang berbeda. Biasanya akan disesuaikan dengan tingkat gejala demam berdarah.

Sebelum Anda dan keluarga terkena penyakit demam berdarah, sebaiknya lakukan beberapa cara pencegahan penyakit demam berdarah. Berikut ini tips mencegah demam berdarah yang bisa Anda perhatikan:

  1. Kita tahu bahwa penyakit demam berdarah disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mencegah perkembangbiakan nyamuk dengan tidak membiarkan wadah-wadah terbuka tergenang air. Segera bersihkan wadah yang terkena genangan air seperti pot bunga, ember, kaleng bekas, dan sebagainya. Selain itu, ganti air di bak mandi secara berkala agar tidak menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk. Tutuplah bak mandi dengan penutup yang rapat.
  2. Obat nyamuk oles atau bakar bisa digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk, baik siang atau malam hari.
  3. Buang air pada nampan AC di rumah
  4. Pakailah kelambu di tempat tidur
  5. Anda bisa menempatkan tanaman anti nyamuk sehingga perkembangan nyamuk bisa dihambat.
  6. Tutuplah sampah ketika tidak dipakai. Nyamuk akan senang berada di tempat sampah.
  7. Pakailah kamper agar nyamuk bisa menjauh. Bakarlah kamper atau kapur barus di ruangan karena hal ini bisa mengusir nyamuk.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit demam berdarah. Pencegahan sangat perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit demam berdarah mengingat belum ada vaksin untuk mengobati penyakit ini.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *