Tips Mencegah Anemia

By | July 24, 2016

anemia

Anemia adalah kondisi dimana badan kita kekurangan zat besi yang memproduksi sel darah merah. Hemoglobin atau sel darah merah berperan dalam menyalurkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Selain itu hemoglobin juga berperan dalam pembuangan karbondioksida dari sel – sel tubuh di paru – paru. Jika tubuh kita kekurangan zat besi sehingga produksi sel darah merah dibawah normal, penyebaran oksigen dan pembuangan karbondioksida ini akan terganggu.

Di Indonesia, kasus kekurangan darah atau Anemia ini sangat sering ditemukan khususnya pada anak – anak, ibu hamil ataupun wanita yang berada pada masa subur. Anemia bisa terjadi karena malnutrisi atau gizi yang buruk, sedang haid, wanita dalam kondisi hamil, konsumsi obat yang menghambat penyerapan zat besi misalnya obat maag, ataupun nutrisi makanan yang tidak seimbang.

Agar Anda terhindar dari Anemia, pertamakali.com akan merangkum tips dan caranya berikut ini:

Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, zat besi berperan dalam memproduksi sel darah merah. Selain itu zat besi juga membantu tubuh menghasilkan energi tubuh, meningkatkan sistem kekebalan syaraf pusat dan membantu kerja sistem syaraf.

Makanan yang tinggi zat besi antara lain kacang – kacangan, sayuran berwarna hijau, sereal dan daging merah tanpa lemak seperti daging sapi atau kambing.

Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin C juga diperlukan untuk mencegah anemia. Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan zat lain yang diperlukan tubuh agar menyerap lebih maksimal. Vitamin C dapat diperoleh dari berbagai buah dan sayur segar ataupun suplemen vitamin C yang dijual di pasaran.

Batasi Meminum Kopi dan Teh

Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi kopi dan teh dapat menyebabkan anemia. Normalnya, kita dapat meminum kopi atau teh 2 cangkir sehari. Bila berlebihan, zat kafein dalam kopi dan teh tersebut bisa menghambat pergerakan sel tubuh untuk menyerap zat besi dalam darah sehingga tubuh kesulitan untuk memproduksi sel darah merah.

Mengkonsumsi Telur dan Daging

Sumber protein hewani seperti telur dan daging merah tanpa lemak bisa sangat membantu kita dalam mencegah anemia. Tingginya zat besi dalam telur dan daging dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Konsumsi Air Putih

Peranan air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, termasuk mencegah anemia. Konsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari, disamping mengkonsumsi cairan lainnya seperti sup, kopi, teh, jus buah ataupun minuman yang lain. Semakin banyak kita beraktifitas diluar ruangan atau mengeluarkan banyak keringat, semakin banyak kita memerlukan air putih.

Cukup Istirahat

Tidur dalam jumlah yang cukup dapat membuat badan kita segar. Selain itu manfaat dari tidur yang cukup dimalam hari adalah untuk meningkatkan proses metabolisme, penyerapan nutrisi termasuk zat besi, menyimpan memori dalam otak dan mengatur berbagai fungsi organ tubuh. (Baca juga: Mengenali Jam Biologis Tubuh Manusia)

Demikian tips mencegah anemia bagi kesehatan kita, semoga bermanfaat.

(Marthika)

 

 
Share

One thought on “Tips Mencegah Anemia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *