Tips Menabung Untuk Pelajar

By | July 31, 2016

tips-menabung

Menabung harus dibiasakan mulai sejak dini. Kamu pun bisa memulai menabung meskipun masih duduk di bangku sekolah. Dengan menabung, kamu bisa membeli sesuau yang kamu inginkan dengan uang sendiri. Kamu juga bisa menggunakan uang tabunganmu untuk bertamsya ke tempat tertentu.

Berikut ini ada beberapa tips menabung untuk pelajar yang bisa kamu lakukan:

Buat daftar pengeluaran bulanan

Setiap bulan, tentu kamu memiliki pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Misalnya untuk membeli alat-alat tulis, bensin, pulsa dan sebagainya. Sebaiknya, kamu membuat daftar pengeluaran di awal bulan sehingga bisa menyisihkan sebagian uang saku untuk menabung. Jika kamu diberikan uang saku setiap sebulan sekali, kamu bisa lebih mudah untuk menabung. Tapi, jika kamu diberi uang saku setiap hari, kamu bisa menyisihkan uang saku setiap harinya kemudian ditabung di celengan.

Membuka rekening pelajar

Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan rekening pelajar. Kamu bisa meminta orang tua untuk membuatkan rekening pelajar sehingga kamu bisa menyimpan uang di sana sehingga lebih aman. Jika sudah terkumpul, kamu bisa menggunakannya untuk suatu hal.

Jangan lupa sarapan sebelum berangkat ke sekolah

Sarapan sangat penting dilakukan agar kegiatan di sekolah berjalan lancar. Jika kamu tidak sarapan, kebutuhan jajan makanan akan meningkat. Bahkan, kamu bisa saja jajan banyak saat perut sangat lapar.

Bawa bekal dari rumah

Biar bisa menabung, sebaiknya kamu bawa bekal dari rumah supaya tidak perlu jajan di kantin. Bawa bekal dari rumah lebih sehat dan aman bagi kesehatan selain kamu bisa berhemat.

Jangan membeli barang-barang yang tidak penting

Tak jarang kita tergiur dengan barang-barang tak penting misalnya sepatu maupun pakaian yang lagi trend. Sebaiknya kontrol keinginan untuk membeli barang yang tidak penting. Uang itu bisa digunakan untuk menabung.

Biasakan langsung pulang ke rumah

Jangan main setelah pulang sekolah karena akan memperbesah pengeluaran kamu. Bisa-bisa kamu tidak dapat menyisihkan uang saku. Hindari kebiasaan jalan-jalan di Mall bersama teman-teman. Sesekali jalan-jalan tak masalah, namun jangan terlalu sering ya sebab bisa menyita waktu dan juga pengeluaran.

Kumpulkan uang kembalian

Jangan menganggap sepele uang kembalian karena uang kembalian itu jika dikumpulkan bisa menjadi banyak. Kamu bisa mengumpulkan uang recehan yang ada di kantong baju, rak-rak buku maupun kolong tempat tidur.

Jadilah kreatif

Kamu harus pintar memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang berguna. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk mendapatkan tambahan uang saku. Misalnya kamu bisa menjadi penulis, jualan online, atau kerja paruh waktu menjadi pelayan toko. Namun, tetap harus diingat pekerjaan sambilan tidak boleh mengganggu tugas kamu belajar.

Itulah beberapa tips menabung untuk pelajar. Mari menabung sedini mungkin agar masa depan terjamin!

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *