Tips Menabung Separuh Gaji

By | July 31, 2016

tips-menabung

Setiap orang perlu menabung demi masa depannya. Selain itu, Anda akan mempunyai pegangan untuk hidup Anda kelak. Namun, menabung tidak semudah yang dibayangkan karena ada banyak godaan yang membuat Anda gagal menyisihkan uang.

Namun, jangan pantang menyerah untuk bisa menabung dari menyisihkan setengah uang gaji Anda setiap bulan. Bagaimana caranya? Berikut ini tips menabung separuh gaji yang bisa Anda praktekkan.

Miliki dua rekening tabungan berbeda

Anda sebaiknya membuka dua rekening tabungan berbeda yang memiliki tujuan berbeda. Satu rekening untuk menyimpan uang yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening yang satu lagi untuk menyimpan uang tabungan. Pilihlah rekening tabungan yang tidak bisa diambil sewaktu-waktu agar uang tabungan Anda aman. Selain itu, pilihlah rekening yang tidak mendapat potongan administrasi.

Simpan uang setelah menerima gaji

Orang akan tergiur untuk membelanjakan uang setelah menerima gaji. Setelah menerima gaji, segeralah menyimpan sebagian uang yang Anda miliki ke dalam rekening tabungan agar Anda tidak tergoda belanja ini dan itu.

Target diri sendiri

Membuat target untuk diri sendiri merupakan cara yang efektif untuk bisa menabung dengan mudah. Ini bisa mengendalikan diri kamu untuk tidak boros. Misalnya saja targetkan Anda hanya boleh menghabiskan uang Rp.200.000 dalam seminggu.

Tinggalah ATM di rumah

Saat bepergian Anda tak perlu membawa ATM. Cukup bawalah uang tunai seperlunya di dompet. Tidak membawa ATM akan mengendalikan Anda dari godaan belanja barang yang tak begitu dibutuhkan.

Belilah camilan yang mengenyangkan

Boleh-boleh saja membeli camilan, namun pilihlah camilan yang mengenyangkan agar berhemat. Anda bisa membeli camilan yang terbuat dari gandum seperti crackers.

Bawa bekal makanan ke kantor

Satu cara yang cukup efektif untuk menghemat biaya pengeluaran yaitu dengan membawa bekal makanan ke kantor sehingga Anda tak perlu jajan ke warung makan.

Bawa botol minuman ke mana-mana

Selain membawa bekal makanan ke kantor, Anda sebaiknya membawa botol minuman ke mana-mana agar tidak boros belanja ke minimarket.

Kumpulkan receh yang Anda punya

Jangan sepelekan uang receh. Anda bisa mengumpulkan uang receh karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti membayar parkir atau untuk membeli makanan dan minuman.

Berjalan kaki ke tempat yang dekat agar hemat bensin

Selain bisa menghemat bensin, Anda akan sehat jika sering berjalan kaki ke tempat yang dekat. Jadi, jangan sedikit-sedikit pergi naik sepeda motor ya.

Beli paket data seditit saja

Tidak dipungkiri kemajuan teknologi membuat kebutuhan akan paket data internet seperti kebutuhan pokok. Orang biasanya akan tergantung pada smartphonenya. Sebaiknya jangan beli paket data dengan kuota yang banyak. Anda bisa memanfaatkan wifi di tempat umum yang tersedia. Menarik bukan?

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menabung separuh gaji. Semoga sukses menabung ya.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *