Tips Menabung Ala Orang Kaya yang Bisa Ditiru

By | July 31, 2016

tips-menabung

 

Pasti semua orang ingin memiliki banyak harta. Banyak orang bermimpi menjadi kaya. Nah, Anda bisa mencontoh kebiasaan orang kaya dalam menabung. Orang kaya tidak hidup boros melainkan selalu berupaya keras meningkatkan pendapatannya.

Apabila Anda ingin menjadi orang kaya, Anda bisa memperhatikan tips menabung ala orang kaya sehingga bisa mengikuti jejaknya.

Hati-hati dengan pengeluaran kecil

Jika tidak berhati-hati terhadap pengeluaran kecil, tentu saja itu akan menjadi pengeluaran yang besar. Biasanya orang hanya akan berhati-hati dalam pengeluaran besar atau investasi tanpa berhati-hati terhadap pengeluaran kecil. Orang kaya akan cenderung berhati-hati dalam mengeluarkan dana karena banyak pertimbangan.

Jangan beli barang tak penting untuk pamer

Tidak dipungkiri banyak orang yang membeli barang tak penting hanya untuk pamer. Padahal barang tersebut tidak terlalu penting. Janganlah membeli barang yang hanya bertujuan ingin mendapatkan pujian dari teman. Pilihlah barang yang benar-benar Anda butuhkan. Lihatlah banyak orang kaya yang jarang membeli barang yang tak dibutuhkan. Mereka lebih suka membeli barang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bekerja keras

Agar bisa kaya, jangan malas bekerja. Bekerja keras merupakan kunci orang sukses. Jangan habiskan waktu Anda hanya untuk bersenang-senang atau bermalas-malasan. Bekerja lebih keras akan membuat tujuan hidup lebih cepat tercapai.

Anda bisa meningkatkan pendapatan dengan bekerja lebih keras lagi. Persepsi bahwa orang kaya hidup bersenang-senang itu tidak benar. Lihatlah orang-orang yang memiliki jabatan tinggi. Mereka rela tidur sebentar karena menghabiskan waktunya untuk bekerja.

Sisihkan pendapatan dalam jumlah besar

Anggapan bahwa orang kaya sering menggunakan uang secara berlebihan  untuk berbelanja itu tidak benar. Faktanya, mereka lebih berhati-hati untuk membelanjakan uangnya. Bahkan, mereka lebih suka menyisihkan sebagian besar pendapatannya untuk ditabung maupun diinvestasikan.

Nah, Anda bisa mengikuti jejak orang kaya dengan rajin menabung dalam jumlah yang sesuai dengan hasil pendapatan Anda. Misalnya saja Anda menabung 30% dari gaji yang Anda peroleh. Apabila Anda mendapatkan gaji Rp.2.000.000 perbulan, maka Anda bisa menabung 30% -nya yaitu sebesar Rp. 600.000. Wah, dalam satu tahun Anda sudah bisa mengumpulkan uang sebesar Rp.600.000 x 12 = Rp 7.200.000.

Beli barang yang dibutuhkan

Prioritaskan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan. Jangan pernah membeli barang yang tidak Anda butuhkan. Membeli barang berdasarkan keinginan semata sangat merugikan karena akan memperbesar biaya pengeluaran. Untuk itu berhati-hatilah ketika ingin membeli sesuatu. Pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkannya. Orang kaya akan cenderung belanja barang yang sesuai dengan kebutuhannya. Bahkan kalangan miliader akan selalu mempertimbangkan setiap biaya yang mereka keluarkan.

Prinsip menabung yang sebenarnya  bukanlah menyimpan uang yang tersisa dari pengeluaran. Namun, Anda harus menyisihkan uang untuk menabung sesuai dengan jumlah yang Anda targetkan di awal bulan.  Semoga tips menabung ala orang kaya bisa bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *