Tips Menabung agar Modal Usaha Terkumpul

By | July 31, 2016

tips-menabung

 

Jika ingin memulai suatu usaha, modal usaha sangat penting. Menabung merupakan salah satu cara untuk mendapatkan modal usaha dengan cara aman dibandingkan dengan berhutang. Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung sehingga mendapatkan sejumlah dana yang cukup untuk dijadikan sebagai modal usaha.

Namun, keinginan menabung selalu terkendala oleh tuntutan gaya hidup masa kini sehingga pendapatan yang besar pun hanya lewat begitu saja. Jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut. Anda harus membatasi diri dalam belanja barang-barang yang tak penting, makan di restoran mewah serta tergoda belanja pakaian yang lagi diskon. Pada usia produktif inilah Anda harus pandai mengatur keuangan agar mendapatkan kesempatan untuk mengumpulkan dana usaha.

Agar Anda bisa menabung untuk modal usaha, Anda harus konsisten dan disiplin. Bulatkan tekad untuk hidup hemat agar bisa menabung. Jangan mudah tergoda untuk belanja benda-benda yang tidak penting yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Berikut ini ada beberapa cara efektif untuk bisa menabung agar modal usaha terkumpul, diantaranya yaitu:

Tulis Mimpi Anda

Agar semangat menabung, tuliskan mimpi yang ingin Anda raih. Janganlah takut bermimpi karena mimpi bisa membuat Anda semakin semangat menabung. Tentukan tujuan hidup untuk masa depan.

Atur Rencana Keuangan

Anda harus memiliki rencana keuangan dan strategi pengeluaran agar bisa berhemat. Jangan terlalu banyak menghabiskan pengeluaran karena itu membuat Anda sulit menabung. Sebaiknya sisihkan penghasilan untuk modal usaha di rekening bank yang berbeda agar uang tersebut tidak bisa diganggu gugat. Anda bisa memulai menabung minimal 15% dari uang penghasilan Anda.  Lalu, jika Anda memiliki beberap cicilan, sebaiknya jumlahnya tidak lebih dari 30% dari uang gaji.

Menabung saja belum cukup

Menyimpan uang bank di saja belum cukup karena suku bunga di bank saat ini terus mengalami penurunan. Untuk membangun kekayaan, Anda bisa memilih untuk melakukan investasi. Pilihlah investasi yang hasilnya agresif selagi usia Anda produktif. Investasi emas juga bisa menjadi pilihan Anda karena Anda bisa menjual emas kapan pun Anda inginkan. Selain itu, jika Anda butuh dana untuk hal produktif seperti modal usaha,  Anda bisa menggadaikannya tanpa kehilangan emas yang Anda miliki.

Batasi penggunaan kartu kredit

Fasilitas kartu kredit boleh saja dimiliki karena ada beberapa manfaat yang didapatkan misalnya mendapatkan cicilan 0% serta diskon di beberapa hotel atau tempat makan. Namun, Anda harus mengontrol penggunaan kartu kresit jangan sampai tagihannya membengkak. Sebaiknya, lakukan pelunasan kartu kredit setiap bulan dengan tertib agar tidak terkena bunga yang tinggi.

Siapkan dana cadangan tunai

Memiliki cadangan tunai sangat penting ketika akan memulai suatu usaha. Anda sebaiknya jangan menggunakan seluruh modal yang Anda miliki tanpa sisa. Dana cadangan sangat berguna untuk mengantisipasi jika suatu saat ada kendala dalam usaha yang Anda jalankan.

Mulai dari Sekarang

Saatnya Anda memulai dari sekarang. Perencanaan yang matang tak akan berguna tanpa ada tindakan yang nyata. Mulailah dengan menyisihkan pendapatan di awal bulan untuk menabung sebagai modal usaha. Menabunglah secara bertahap dan konsisten.

Semoga tips menabung agar modal usaha terkumpul bisa bermanfaat untuk Anda.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *