Tips Memutihkan Gigi Secara Alami

By | July 31, 2016

cara-memutihkan-gigi

 

Gigi yang putih sehat adalah dambaan setiap orang. Selain terlihat indah, gigi yang putih membuat orang menjadi lebih percaya diri. Selain itu gigi yang berwarna kuning juga menandakan bahwa gigi tersebut tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan anggota tubuh lainnya seperti mulut dan gusi. Banyak orang mengambil jalan pintas untuk memutihkan gigi dengan ‘bleaching’. Namun, bleaching yang dilakukan kadang tidak dilakukan di dokter gigi sehingga justru merusak gigi.

Sebelum kita lihat tips memutihkan gigi, ada baiknya kita lihat dulu penyebab gigi kita menjadi kuning dan kusam.

  1. Jarang gosok gigi/cara menggosok giginya salah.
  2. Sering minum minuman berwarna semisal soda, teh, kopi, dsb.
  3. Meminum minuman alkohol dan merokok
  4. Sering meminum minuman suplemen/Minuman berenergi
  5. Salah memakai obat pemutih gigi
  6. Sering menggunakan obat tetes mata kimiawi
  7. Faktor genetik

Setelah mengetahui penyebab gigi berwarna kuning dan kusam, mari kita lihat tips berikut ini yang berguna untuk memutihkan gigi secara alami.

Menggunakan Siwak

Merawat gigi juga dapat dilakukan dengan memakai Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang dapat dipakai untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Seluruh bagian dahan atau akar pohon siwak bisa digunakan untuk bersiwak jika lembut dan harus terjaga kebersihannya.

Menggunakan Arang Kayu

Cara ini memang termasuk cara yang tradisional namun ampuh menghilangkan warna kuning pada gigi. Tetapi Anda harus berhati-hati dalam memakai arang kayu, penggunaan secara berlebih dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi Anda.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang biasa kita buang begitu saja ternyata juga bermanfaat. Kulit jeruk dapat kita gunakan untuk perawatan gigi. Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi Anda yang berwarna kuning. Lakukan teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat. Hati-hati bagi yang memiliki gigi sensitif, kadar vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak cocok untuk jenis gigi Anda.

Menggunakan Stroberi

Stroberi juga berkhasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Tidak perlu membuat ramuan khusus, tinggal makan seperti biasa, dan gigi anda akan terlihat sehat dan putih.

Menggunakan Pasta Gigi Alami

Sebelum membuat pasta gigi tradisional, terlebih dahulu kita siapkan daun salam serta kulit jeruk lalu jemur keduanya sampai kering. Kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan air kemudian aduk sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta gigi alami ini untuk menggosok gigi, ramuan ini ampuh membuat gigi terlihat lebih putih.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda bisa menghilangkan noda-noda yang terdapat pada gigi, namun apabila terlalu sering digunakan baking soda justru akan merusak lapisan alami gigi oleh karena itu gunakanlah baking soda untuk memutihkan gigi maksimal 1 atau 2 kali dalam sebulan.

Menggunakan Biji Pinang

Biji buah pinang bermanfaat untuk merawat gigi kita. Biji buah pinang diyakini oleh masayarakat jaman dahulu bisa memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan membakar biji buah pinang hingga hangus lalu dihaluskan sampai lembut. Kemudian gosokan biji buah pinang yang telah halus tersebut ke gigi kita dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan 2 minggu sekali. Selain dapat memutihkan gigi, biji pinang juga dapat memperkuat gigi.

Demikianlah tips untuk memutihkan gigi secara alami yang dapat Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga agar gigi tetap putih dan terlihat sehat alami, tentu saja rajin menggosok gigi setelah makan dan memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi secara berkala.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *