Tips Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

By | July 13, 2016

Tips-Memulai-Usaha

Memulai suatu usaha sebetulnya tidak harus dengan modal yang besar. Apalagi untuk pemula yang mau mencoba berbisnis, memulai usaha dengan modal kecil adalah hal yang paling ideal. Bayangan takut gagal, takut tidak laku dan lain – lain pasti terlintas. Tapi bila modal yang kita keluarkan kecil dan bahkan tanpa modal sama sekali, pasti kita lebih yakin untuk memulai usaha tersebut.

Tips berikut adalah tentang memulai usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja.

Menjual Pulsa Elektrik

Memulai bisnis berjualan pulsa saat ini sangat mudah, hanya dengan modal Rp 50.000  kita sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini. Jangan kuatir jika tidak mempunyai tempat atau lokasi usaha, karena bisnis ini bisa dibawa kemana saja. Anda bisa tawarkan ke teman – teman Anda bila masih kuliah atau bersekolah, untuk ibu rumah tangga bisa menawarkannya ke teman arisan, membuka kios kecil dirumah, dll. Usaha ini bisa sangat menguntungkan, tak heran banyak dijumpai kios – kios yang menawarkan pulsa elektrik dimana – mana.

Membuka Jasa Laundry

Bisnis Laundry sangat cocok dijalankan ditempat yang berdekatan dengan kampus atau kost – kostan, karena rata – rata para mahasiswa enggan mencuci bajunya sendiri. Memang peralatan khusus yang diperlukan bisa terbilang mahal, tapi Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan perabotan di rumah terlebih dulu, seperti mesin cuci dan dryer, setrika listrik, dll. Untuk sabun, pewangi dan bahan lain carilah ditempat yang khusus menjual kebutuhan jasa laundry. Carilah informasi tentang prosedur pencucian laundry yang benar di internet agar hasil cuci bisa maksimal dan pelanggan puas.

Peluang Bisnis Pembayaran Online ( PPOB )

Seperti halnya berjualan pulsa, peluang bisnis pembayaran online juga sangat menguntungkan. Apalagi bila di sekitar tempat Anda belum banyak usaha sejenis ini. Yang bisa dibayar dari bisnis PPOB ini adalah tagian listrik prabayar dan pascabayar, tagihan telepon, Internet speedy, TV berlangganan, PDAM, tiket kereta api, dan masih banyak lagi. Bisnis ini bisa dibuka dirumah, atau bekerja sama dengan teman atau keluarga yang memiliki tempat tinggal strategis dipinggir jalan.

Peluang Usaha Kuliner

Jika Anda mempunyai hobi memasak, pastinya usaha ini cocok untuk Anda. Dengan modal yang kecil untuk membeli peralatan, Anda bisa mencoba membuat suatu makanan dan menawarkannya ke tetangga dan teman – teman Anda. Bisa juga Anda menitipkannya ke warung atau toko dilingkungan tempat Anda tinggal. Bila Anda mempunyai tempat tinggal dengan lokasi yang strategis, bukalah warung makan kecil di rumah dengan menu masakan sehari – hari.

Membuka Bisnis Toko Online

Jika Anda tidak punya modal besar untuk memulai usaha offline, Anda bisa memulai usaha dengan sistem online. Usaha dengan sistem pemasaran onlline ini adalah usaha dengan modal kecil atau bahkan bisa tanpa modal sama sekali. Dengan modal kecil adalah bila Anda mau menyetok barang dirumah, ataupun membuat website toko online yang  menarik. Anda bisa mulai menjual online lewat situs – situs berjualan gratis yang banyak terdapat di internet, mulai dari barang – barang bekas dirumah Anda. Tidak perlu mengeluarkan modal, cukup foto barang yang akan Anda jual dan kemudian posting lewat situs jual beli gratis yang ada.

Demikian tips memulai usaha dengan modal kecil, semoga bermanfaat.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *