Tips Memulai Bisnis Online

By | July 13, 2016

tips-bisnis-online

Penggunaan internet di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Menurut survey beberapa lembaga terpercaya, penggunaan internet di Indonesia naik sekitar 15% di tahun 2015 yang lalu. Data sampai awal tahun 2016 ini pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 88,1 juta. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah. Hal ini tentunya membuka peluang bisnis online yang semakin besar. Banyak kisah – kisah sukses dari pelaku bisnis online yang bisa kita baca online setiap harinya.

Tidak ada salahnya bila kita ikut mencoba memulai bisnis online ini. Bagaimana langkah – langkahnya? Silahkan simak tips memulai bisnis online berikut ini..

Membuat Blog

Jika ingin memulai bisnis online, ada baiknya Anda  belajar membuat blog. Anda bisa menggunakan server gratis seperti Blogspot ataupun WordPress. Tujuan membuat blog ini adalah sebagai tempat Anda menghasilkan uang secara online, bisa dengan menjual produk fisik ataupun produk digital. Untuk itu yang pertama dilakukan adalah menentukan tema blog Anda. Buatlah tema yang sesuai dengan minat dan hobi Anda, dan tulislah artikel secara rutin agar traffic blog Anda meningkat. Semakin banyak pengunjung di blog Anda, diharapkan akan menarik minat pemasang iklan untuk mengiklankan produknya di blog Anda. Dari situlah nanti Anda akan mendapatkan penghasilan. Tapi perlu waktu yang lumayan lama agar blog Anda berhasil, oleh karena itu bersabarlah dan jangan bosan mengupdate blog Anda dengan artikel bermanfaat.

Mulai Dengan Membuka Toko Online

Jika Anda sudah mempunyai produk yang akan dijual, sebaiknya Anda memulai bisnis online ini dengan membuka toko. Membuka toko online bisa lewat situs jual beli besar yang sudah ada, ataupun dengan membuat website pribadi yang khusus memasarkan produk Anda. Bila Anda tidak bisa membuat blog atau website pribadi, Anda bisa memesannya di situs jasa pembuatan website yang tersebar di internet. Sesuikan dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki untuk memulai bisnis online, karena biasanya para penyedia jasa pembuatan website tersebut menawarkan banyak pilihan paket.

Belajar Online Marketing

Bila Anda sudah mempunyai website untuk menjual produk Anda secara online, segeralah mulai untuk memasarkannya. Website yang sudah Anda buat tidak akan banyak dikunjungi orang bila Anda tidak gencar mengenalkannya pada orang lain. Untuk itu Anda perlu mempromosikannya di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instragram, BBM, dll. Anda bisa juga melakukan promosi lewat pemasangan iklan baris gratis yang ada di internet ataupun iklan berbayar di media cetak.

Kelola Website Anda Dengan Baik

Semakin terkenal website Anda pasti akan semakin banyak orang yang mengunjunginya, entah hanya membaca – baca tips yang ada, melihat produk dan barang yang ditawarkan, dan bahkan melakukan pesanan pembelian, yang merupakan target Anda dalam berbisnis online. Setelah website Anda mencapai target, jangan lupa untuk terus mengelolanya, seperti tetap mengupdate artikel setiap hari, menambah stok barang dagangan agar semakin bervariasi, merespon setiap pesanan yang masuk dengan cepat, dll. Bila Anda sudah semakin kewalahan dengan kesibukan Anda mengelola website, Anda bisa membayar pegawai untuk menjadi administrasi ataupun marketing dari toko online Anda.

Demikian tips memulai bisnis online. Baca juga tips menarik lainnya dari pertamakali.com

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *