Tips Mempromosikan Produk

By | July 30, 2016

promosi-produk

 

Siapa yang tidak butuh makanan? Dari sekian banyak bisnis, ternyata survey membuktikan jika bisnis yang paling baik dan bertahan lama adalah bisnis makanan. Namun, hal ini tidak serta merta menjadikan Anda selalu sukses dalam berbisnis makanan. Banyak faktor yang membuat bisnis Anda menjadi gagal salah satunya adalah faktor Promosi.

Strategi promosi yang tepat adalah faktor utama dalam menjualkan produk Anda. Dalam istilah pemasaran dikenal dengan istilah AIDA (Awareness/Attention, Interest, Desire, and Action), yang mana merupakan teori dasar dari marketing. Mari kita gali lebih dalam tentang teori ini.

Awareness/Attention

Sebuah produk tidak akan menjadi sesuatu apabila tidak dikenal. Untuk itu kita harus memperkenalkan produk kita dengan berbagai cara. Saat ini, sangat banyak media promosi yang bisa kita manfaatkan. Cara yang paling umum adalah dengan beriklan. Dengan memanfaatkan media sosial dan media lain seperti radio, media cetak, telivisi, balih,dsb. Tujuannya adalah mengenalkan produk anda kepada konsumen.

Interest

Dengan mengenal produk, ada ketertarikan orang yang muncul. Nah, perlu dipikirkan cara-cara agar iklan anda menarik perhatian. Perlu ide-ide kreatif yang membuat orang ‘menoleh’ ketika melihat iklan Anda. Permainan kata, penciptaan jargon-jargon/slogan dan warna yang menarik perhatian, dapat dijadikan acuan untuk iklan produk Anda sehingga menarik perhatian konsumen

Desire

Desire atau hasrat akan muncul setelah ada ketertarikan (interest). Permainan kata-kata dalam iklan, foto-foto yang menarik juga harga dan paket promosi yang ditawarkan dapat memunculkan hasrat konsumen untuk memiliki barang/produk yang Anda tawarkan.

Action

Langkah terakhir adalah Action, dimana konsumen akan ‘bertindak’ untuk membeli produk yang Anda jual. Perlu suatu keputusan dimana akhirnya seseorang membeli sebuah produk. Apakah itu karena kebutuhan ataukah hanya karena strategi penjualan Anda yang menarik. Akan tetapi, tindakan konsumen dalam membeli sebuah produk selalu melalui tahapan tersebut di atas.

Setelah mengerti teori dasar pemasaran tersebut di atas, Anda bisa menentukan strategi pemasaran Anda dengan mengenali terlebih dahulu siapa target konsumen Anda, apa segmen produk Anda (berdasarkan harga dan kualitas), dsb. Ada banyak cara untuk mempromosikan produk, tetapi dengan memahami teori dasar pemasaran dan mengerti dasar strategi pemasan adalah kunci bagi Anda untuk bisa mempromosikan produk Anda. Berikut tips mempromosikan produk Anda dengan efektif.

Memanfaatkan Komunitas

Anda bisa mempromosikan produk dengan mendekatkan produk tersebut kepada end user/konsumen langsung, seperti arisan, komunitas hobi, dsb. Tentu saja sesuai dengan positioning dari produk Anda.

Membuat Paket Promosi

Membuat promosi seperti ‘buy one get two’, salah satu contoh membuat promosi yang efektif.

Memberikan Tester

Istilah ini dikenal dengan sampling product di dunia pemasaran. Hal ini bertujuan untuk menciptakan AIDA yang tadi dibahas di atas, dan diharapkan terjadi efek Word OF Mouth dari konsumen kepada calon konsumen lain.

Perbanyak Iklan

Untuk perihal yang satu ini tentu sudah tak diragukan lagi. Namun, tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa beriklan. Anda bisa memanfaatkan media sosial, situs-situs promosi gratis di internet, dsb.

Buat Fan Page/Twitter Account Untuk Produk Anda

Hal ini menjadi penting untuk dapat mengetahui feed back dari end user dan sekaligus menjadi alat untuk mendekatkan diri ke konsumen Anda. Dengan demikian timbul rasa percaya dan rasa nyaman dari konsumen akan produk yang dipakai.

Itulah tips mempromosikan produk Anda. Anda bisa mencoba tips-tips ini, karena tips ini sangatlah mudah untuk dipraktekkan. Selamat mencoba.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *