Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga Agar Jadi Lebih Menyenangkan

By | July 24, 2016

Tersesat-di-hutan

Bagi anda sebagai orangtua tentu menghabiskan waktu liburan bersama seluruh anggota keluarga, merupakan hal yang sangat menyenangkan bukan? Setelah setelah selama beberapa waktu anda bekerja keras seharian, dan anak-anak disibukkan dengan kegiatan belajarnya sehari-hari, so sudah pasti kegiatan liburan adalah waktu yang tepat bagi anda sekeluarga untuk mempererat keharmonisan hubungan diantara seluruh anggota keluarga. Nah agar waktu liburan nanti berjalan lancar, tidak ada salahnya  anda mulai mempersiapkannya dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Nah, berikut saya sampaikan bebeberapa hal yang harus anda persiapkan untuk liburan nanti. Penasaran?

Diskusikanlah Dengan Seluruh Anggota Keluarga

Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk menentukan tujuan wisata, diskusi ini dapat dilakukan ketika seluruh anggota keluarga lengkap berkumpul. Mungkin anda bisa pilih waktunya ketika sehabis makan malam, atau ketika ada waktu senggang. Hal ini bagus sekali untuk dilakukan, selain untuk mempererat hubungan antara keluarga, kebiasaan untuk mengemukakan pendapatpun dapat mulai ditumbuhkan. Selain itu kebiasaan menghargai pendapatpun dapat dilakukan.

Tentukan Waktu

Hal pertama yang harus diputuskan adalah kapan dan berapa lamanya liburan yang nanti akan dilakukan. Tentukan waktu dimana seluruh anggota keluarga dapat terlibat penuh tanpa adanya gangguan dengan masalah jadwal kegiatan kantor, arisan, sekolah maupun les hingga ekstra kulikuler .

Tentukan Tujuan 

Tujuan liburan kadangkala menjadi perdebatan yang seru, apalagi bila anda memiliki anak-anak yang sudah mulai cukup besar. Biasanya dalam usia seperti itu, keinginan mereka selalu ingin diutamakan. Tekankan kepada seluruh anggota keluarga bahwa ini bukannya liburan nya Ayah nya saja, atau Bunda nya saja, atau Anak nya saja. Namun ini adalah liburan yang melibatkan seluruh anggota keluarga, jadi intinya, tujuan wisata ini nantinya dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Maksimalkan tujuan liburan nanti dengan waktu liburan yang telah rencanakan, jangan sampai perjalanan menuju tempat liburan menghabiskan separuh dari jadwal yang telah ditetapkan. Hal ini tentu saja dapat membuang-buang waktu anda dan keluarga.

Aturlah Jadwal

Setelah menemukan tujuan wisata, aturlah jadwal dari hari ke hari. Usahakan nantinya agar tujuan wisata itu nantinya dapat melibatkan semua anggota keluarga. Bila ada kesempatan, tidak ada salahnya anda coba googling untuk menemukan tujuan wisata baru yang tidak jauh dari tujuan wisata anda.

Bagilah Tugas

Nah ini adalah hal yang juga mengasyikan yang dapat melibatkan seluruh anggota keluarga. Bagilah tugas yang berkaitan dengan persiapan liburan nanti. Misalnya, Bunda memperhitungkan berapa dana yang dibutuhkan untuk biaya liburan nanti. Adek Putri misalnya, mempersiapkan barang apa saja yang harus siapkan, seperti peralatan mandi, berapa pasang baju dan berapa tas koper yang harus disiapkan untuk seluruh anggota keluarga, dan lain sebagainya. Kakak Putra, dapat ditugaskan untuk mempersiapakan peralatan apa saja yang harus dibawa, seperti kamera, handy cam, batere, power bank dan lain sebagainya. Ia pun dapat ditugaskan untuk membuat jadwal perjalanan secara rinci untuk hari perharinya. Nah tugas Ayah adalah membuat reservasi kepada travel bila anda tidak menggunakan mobil pribadi, atau mempersiapkan mobil bila menggunakan mobil pribadi. Membuat reservasi kepada pihak hotel atau pihak-pihak tujuan wisata yang akan dikunjunginya nanti.

Wah menarik ya ternyata kegiatan dalam mempersiapkan liburan bersama keluarga. Nah bagi anda yang tengah mempersiapkan liburan bersama keluarga, ada baiknya anda utuk mencobanya. Selamat mencoba : )

(Adrian)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *