Tips Mempercantik Teras Rumah

By | July 14, 2016

Teras-Rumah

Teras depan rumah mempunyai peranan yang multi fungsi, karena selain untuk mempecantik penampilan sebuah rumah, juga bisa digunakan sebagai tempat menerima tamu dan berkumpul bersama keluarga. Namun demikian, banyak orang sering mengabaikan tampilan teras rumah atau mengaturnya asal – asalan sehingga penampilan rumah jadi kurang menarik.

Sebenarnya mempercantik teras rumah itu tidak jauh berbeda dengan mempercantik interior rumah. Dengan pemilihan bahan dan elemen yang tepat, teras rumah pun bisa disulap menjadi lebih indah. Simak tips mempercantik teras rumah dari pertamakali.com berikut ini..

Warna Dinding

Hal  pertama yang dilihat oleh mata ketika berkunjung ke sebuah rumah adalah warna dinding. Untuk mempercantik teras rumah, gunakan warna – warna cerah seperti biru, kuning, merah, orange dan warna terang lainnya. Warna yang cerah akan memantulkan sinar kesemua sudut rumah sehingga rumah Anda akan terkesan luas, segar dan cerah. Gunakan cat dinding khusus eksterior agar kualitas cat dalam bertahan lama dari hujan dan terik matahari.

Tekstur Dinding

Jika Anda ingin mendapatkan suasana yang alami untuk mempercantik teras rumah Anda, maka Anda bisa memakai tampilan batu alam pada dinding. Anda bisa memasangnya sendiri disalah satu dinding teras agar mendapat tampilan yang lebih alami. Berikut tips memasang batu alam untuk mempercantik teras rumah:

  • Rendam terlebih dulu batu alam yang hendak dipakai ke dalam air paling tidak selama 1 hari sebelum pemasangan. Hal ini akan meningkatkan daya rekat batu pada dinding.
  • Setelah 1 hari direndam, tiriskan dengan cara diangin – anginkan, namun jangan terkena sinar matahari langsung.
  • Jika dinding teras Anda sebelumnya memakai cat, bersihkan dulu cat yang menempel pada dinding hingga bersih agar tidak ada material yang tertinggal dan mempengaruhi daya rekat batu tersebut.
  • Anda bisa menggunakan adukan semen pasir atau semen instan agar dapat merekat dengan baik.

Pemilihan Lantai

Jenis lantai pada ruang teras rumah berbeda dengan ruang didalam rumah, oleh karena itu pastikan untuk menggunakan jenis lantai yang sesuai untuk eksterior rumah. Jika Anda tidak mau repot membersihkan lantai yang kotor, Anda dapat menggunakan batu alam untuk mempercantik tampilan lantai.

Pemilihan Furniture

Pemilihan furniture atau perabotan yang tepat tentunya akan membuat suasana teras rumah Anda menjadi semakin nyaman. Tambahkan kursi dan meja yang sesuai untuk teras rumah, yaitu yang menggunakan bahan anti air dan tidak mudah berkarat.

Hiasi Dengan Tanaman

Untuk menambah kesan teduh dan segar, penambahan  tanaman hias sangat diperlukan. Bila Anda mempunyai hobi menanam bunga atau tanaman lain, pasti rumah Anda akan terlihat lebih cantik dengan bunga – bunga yang bermekaran. Tapi bila Anda terlalu sibuk dan tidak ada waktu untuk merawat tanaman, pilihlah tanaman yang mudah dalam perawatannya. Anda bisa juga memakai tanaman gantung untuk menghias sudut teras rumah, ataupun tanaman dalam pot yang dijajar rapi disekitar rumah.

Gunakan Lampu Taman

Pencahayaan yang tepat di malam hari tentu akan membuat teras rumah Anda semakin cantik. Gunakan lampu taman yang sesuai untuk teras Anda, tidak terlalu besar atau  terang dan tidak terlalu kecil sehingga terkesan gelap. Hal ini  tentu akan membuat keluarga Anda nyaman ketika duduk – duduk sambil beristirahat di teras rumah pada malam hari.

Demikian tips mempercantik teras rumah dari pertamakali.com semoga bermanfaat..

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Digitalart at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

One thought on “Tips Mempercantik Teras Rumah

  1. Rumah Murah Yogyakarta

    Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Rumah minimalis, asri, dan bersih memang lebih banyak diminati oleh calon pembeli rumah.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *