Tips Memilih Waralaba Terbaik

By | July 16, 2016

tips-memilih-waralaba

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan salah seorang teman yang sudah sekitar 2 tahun tidak berjumpa. Setelah kami mengobrol beberapa lama, teman saya bercerita tentang bisnis barunya yang menurut dia lebih sukses dibanding bisnis – bisnisnya terdahulu.  Ternyata sekarang dia menjalankan bisnis waralaba Bubble Drink dan membukanya dekat lokasi sekolah. Target konsumennya adalah anak – anak yang bersekolah di sekolah tersebut dan warga sekitar di lingkungan tempat kiosnya berada.

Memang banyak kisah sukses dari pelaku bisnis waralaba yang bisa kita jadikan pelajaran. Namun sebenarnya, ada juga franchisee yang mengalami kegagalan dan kerugian yang tidak sedikit. Beberapa faktor penyebab kegagalan waralaba yang paling utama adalah kegagalan meraih target penjualan sehingga franchisee harus mengeluarkan dana untuk menutup kerugiannya. Bila hal ini dibiarkan terus menerus tanpa ada penyelesaiannya baik dari franchisor maupun franchisee, pasti bisa dipastikan bisnis waralaba tersebut akan segera gulung tikar.

Banyak pertimbangan yang diperlukan untuk memilih bisnis waralaba yang cocok untuk Anda. Tapi ada hal – hal utama yang bisa Anda cermati dalam memilih bisnis waralaba yang bisa Anda simak dibawah ini.

Berikut tips memilih waralaba terbaik yang bisa Anda pertimbangkan:

Pilih sesuai minat

Memilih bisnis waralaba yang jenis bisnisnya sesuai dengan minat Anda. Waralaba kuliner sangat cocok untuk orang yang mempunyai minat memasak. Jika Anda tidak menyukai memasak atau tidak suka kuliner, memilih waralaba yang sudah terkenal sekalipun bisa berpotensi mengalami kegagalan. Memilih jenis waralaba yang sesuai minat Anda akan memudahkan pengelolaan dan pengembangan di masa depan. Anda tidak bisa sepenuhnya tergantung pada franchisor karena biasanya mereka hanya menyuplai produk saja. Anda harus bekerja keras sendiri agar usaha waralaba Anda bisa berhasil.

Menyesuaikan dengan lokasi

Lokasi usaha waralaba yang tepat juga berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis ini. Amati lingkungan Anda, atau tempat incaran Anda dalam berbisnis waralaba. Telitilah apa yang paling diminati dan cocok untuk membuka bisnis disitu. Misal seperti teman saya  tadi,  dia membuka usaha waralaba Bubble Drink dilingkungan sekolah yang pastinya sangat disukai oleh anak – anak ditempat itu. Kurang bagus bila Anda membuka waralaba Laundry didekat sekolah karena target konsumennya kurang maksimal.

Lakukan survey

Sebelum memilih bisnis waralaba, surveylah beberapa waralaba sejenis yang ditawarkan. Jangan menggali informasi hanya dari franchisor tapi juga galilah informasi dari pelaku bisnis sejenis yang sudah menjalaninya. Kunjungi outlet – outlet atau kios yang menjalankan bisnis waralaba incaran Anda. Bercakap – cakaplah dengan orang yang mengelola bisnis tersebut, atau bila tidak memungkinkan, cukup ngobrol ringan dengan pelayan waralaba tersebut. Lakukan analisa mendalam tentang potensi keuntungan, pelanggan dan sebagainya.

 Sesuaikan dengan modal

Banyak bisnis waralaba yang mengalami kegagalan karena kekurangan dana didepan. Idealnya dalam memulai bisnis harus mempunyai cadangan modal kerja sedikitnya untuk 6 bulan kedepan. Oleh karena itu untuk meningkatkan peluang keberhasilan, lebih baik memiliki modal lebih dari yang disyaratkan franchisor.

Masih banyak hal – hal lain yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih bisnis waralaba terbaik. Namun beberapa tips diatas bisa dikatakan sebagai penentu utama keberhasilan berbisnis waralaba.

Semoga bermanfaat..

(Mathika)

Gambar : Image courtesy of cooldesign at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *