Tips Memilih Smartphone Yang Tepat

By | July 11, 2016

Tips-memilih-smartphone

Ingin mengganti smartphone Anda dengan yang lebih baru dan canggih? Simak dulu tips memilih smartphone yang tepat dari pertamakali.com berikut ini..

Beberapa bulan sekali pasti ada saja produk smartphone terbaru yang siap dipasarkan. Produsen smartphone kelas dunia seperti Samsung, Oppo, Apple, Asus, dll berlomba – lomba menawarkan produknya dengan berbagai macam spesifikasi dan harga yang bersaing. Hal ini sebetulnya menguntungkan konsumen. Konsumen semakin banyak memiliki pilihan dengan harga yang disesuaikan dengan kondisi keuangan. Tapi bagaimana memilih smartphone yang tepat jika banyak sekali pilihan yang ditawarkan?

Berikut ini tips memilih smartphone yang tepat

Tentukan Budget Anda

Di pasaran ada banyak sekali pilihan smartphone yang bisa Anda beli. Oleh karena itu, Anda perlu mematok kisaran harga smartphone sesuai keuangan Anda. Misalnya dana Anda hanya 2 juta, maka pilihlah smartphone dikisaran harga 1 jutaan. Jangan memaksakan untuk membeli smartphone diluar kemampuan Anda, karena nilai jual smartphone bekas sangat rendah, sehingga akan rugi jika Anda akan menjualnya lagi. Selain itu karena tekhnologi yang dipakai akan terus berkembang. Jika Anda membeli smartphone paling canggih tahun ini, maka tahun depan akan ada yang lebih canggih lagi, begitu seterusnya. Oleh karenanya pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja.

Lakukan riset dan buat daftar

Sebelum menentukan smartphone yang akan dibeli ada baiknya kita lakukan riset kecil untuk mencari informasi smartphone merk dan tipe apa saja yang bisa dibeli dengan budget yang ada.

Misalnya untuk budget 1 jutaan, merk dan tipe Smartphone Android baru yang bisa dibeli adalah :

  • Xiaomi Redmi Note 2, Xiaomi Redmi 2 Prime
  • Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, Asus Zenfone Go
  • Acer Liquid Z500
  • Advan Barca M6
  • Lenovo A6000 Plus, Lenovo A7000

Dan lain sebagainya.

RAM dan CPU

Setelah membuat daftar smartphone, lihatlah ukuran RAM (Random Acces Memory). RAM digunakan untuk menyeimbangkan kinerja smartphone Android Anda. Semakin besar RAM yang digunakan, semakin bagus handphone Android tersebut. Untuk Smartphone Android harga 1 jutaan diatas sudah memiliki RAM 2GB yang cukup besar. Perhatikan juga CPU ( Central Prosesing Unit) yang berfungsi sebagai mesin dari smartphone Android Anda. CPU yang  bagus adalah dual core keatas.

Baterai Dan Display Layar

Tips berikutnya adalah dengan memperhatikan baterai dan display layarnya. Smartphone Android biasanya lebih banyak memakan baterai dibandingkan handphone biasa. Jadi pilihlah smartphone yang sudah mempunyai teknologi hemat baterai. Selain ini Anda harus memperhatikan display layarnya. Pilih yang sudah menggunakan teknologi IPS yaitu teknologi yang membuat layar terlihat lebih cerah terutama dibawah terik matahari. Selain itu pilih layar yang sudah terdapat teknologi Conning Gorilla Glass, yang akan melindungi layar dari goresan.

Spesifikasi Penunjang Lainnya

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kapasitas Memory, Jaringan, kualitas Kamera depan dan belakang, model dan lain sebagainya. Hal tersebut bukan poin terpenting, maka sesuaikan saja dengan ketertarikan Anda.

Demikian tips memilih smartphone yang tepat. Semoga bisa bermanfaat.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Mapichai at FreeDigitalPhotos.net

 

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *