Tips Memilih Motor Matic Seken

By | July 13, 2016

Tips-memilih-motor

Sepeda motor matic kini sudah menjadi tren tersendiri di masyarakat Indonesia. Selain praktis dalam hal pengendaliannya, model motor matic memang tampak lebih manis dan elegan dibanding motor bebek. Namun apabila anda salah dalam memilih motor matic seken, maka anda justru akan merogoh kocek yang dalam di kemudian hari.

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih motor matic seken anda.

Sektor Body

Sektor ini adalah yang paling sering menjadi masalah di motor matic, mengingat sebagian besar bahan dari body motor ini terbuat dari plastik sehingga mudah pecah. Faktor cuaca di iklim tropis digadang-gadang sebagai salah satu penyebab utama pecahnya body motor matic, selain benturan.

Pengereman

Mengingat cara pengoperasian motor matic itu tinggal tarik gas dan rem, maka sektor ini adalah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih motor matic seken. Kanvas rem, piringan rem yang aus adalah hal yang perlu diperhatikan secara ektra.

Mesin

Sebagaimana kita memilih motor seken, mesin merupakan hal utama yang perlu kita perhatikan. Sama dengan pengetesan mesin motor pada umumnya, suara mesin yang kasar/berisik, knalpot mengeluarkan asap hitam dan jelaga hitam adalah hal yang harus kita hindari dalam memilih motor matic seken. Selain mesin, elektrikal motor juga harus diperhatikan, seperti lampu-lampu, starter electric, dll.

Transmisi

Umumnya motor matic menggunakan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission), dimana sistem perpindahan kecepatan diatur secara otomatis sesuai dengan putaran mesin. Sistem transmisi ini tidak menggunakan gigi transmisi tetapi menggunakan 2 buah pulley yang dihubungkan dengan V-belt. Nah, komponen-komponen dalam CVT inilah yang mempengaruhi tarikan motor matic. Apabila motor bergetar saat digas, atau mengeluarkan bunyi berdecit saat berakselerasi, bahkan berat tarikannya, berarti sektor inilah biang keladinya.

Suspensi

Motor Matic biasanya menggunakan suspensi belakang tunggal (Mono Shock). Perlu perhatian lebih dalam memperhatikan sektor ini. Umumnya secara kasat mata kita bisa melihat adanya lelehan oli pada peredam kejut apabila sektor ini sudah aus/rusak.

Kaki-Kaki

Kaki-kaki alias roda dan velg motor tentu salah satu hal yang vital untuk diperhatikan dalam memilih motor matic seken. Kondisi ban, velg yang masih baik tentu menjamin keselamatan pengendara dan penumpangnya. Pemilihan ukuran ban dan velg standar pabrikan tentu lebih direkomendasikan.

Knalpot

Saluran gas buang ini yang paling sering dimodif oleh sebagian orang. Namun sangat disarankan untuk memilih motor matic seken dengan knalpot standar pabrikan. Selain lebih hemat bbm, suara knalpot standar pabrikan sudah diperhitungkan sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu orang lain.

Kelengkapan Motor

Dalam memilih motor matic seken, kelengkapan seperti spion, plat nomor, surat-surat, dll. sangat diperlukan daripada anda harus berurusan dengan polisi di jalan karena kelengkapan motor anda yang kurang.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, maka anda setidaknya akan terbantu dalam memilih motor matic seken. Paling tidak anda tidak akan menyesal karena salah menetukan motor matic seken yang anda beli.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Artibody at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *