Tips Memilih KPR Agar Tak Tertimpa Masalah di Masa Mendatang

By | July 23, 2016

Teras-RumahMemiliki rumah sendiri merupakan impian bagi semua keluarga. KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) merupakan salah satu cara agar Anda bisa memiliki rumah sendiri ketika Anda tidak memiliki cukup dana. Kredit ini menggunakan jaminan rumah yang kita beli.

Rentang waktu KPR cukup lama yaitu antara 10 tahun sampai 15 tahun. Ketika Anda memutuskan untuk mengambil KPR, jangan sampai keputusan tersebut mendatangkan masalah di waktu mendatang.

Untuk menghindarinya, berikut ini beberapa tips memilih KPR agar tak tertimpa masalah di masa mendatang.

Perhatikan pendapatan keluarga

sebelum menentukan untuk mengambil KPR, Anda harus mempertimbangkan pendapatan keluarga. Misalnya saja Anda menganggarkan 30% dari penghasilan bersih Anda untuk cicilan KPR. Dengan memperhatikan besar pendapatan keluarga Anda, Anda bisa menjaga cash flow rumah tangga sehingga resiko yang mungkin terjadi di kemudian hari bisa diminimalkan.

Ketahui biaya-biaya yang diperlukan di luar UM dan cicilan

Ada beberapa biaya yang perlu diperhatikan di luar UM dan cicilan. Biaya yang dimaksud yaitu biaya administrasi, biaya notaris untuk melakukan balik nama dan pengikatan agunan, serta biaya asuransi. Biaya ini jika diakumulasikan akan besar juga nilainya.

Perhatikan suku bunga yang berlaku

Ada beberapa aturan suku bunga yang diterapkan oleh beberapa bank. Misalnya saja bank akan menggunakan sistem fixed rate (tetap), floating rate (mengambang) dan kombinasi keduanya. Biasanya kebanyakan bank akan menarik minat nasabah dengan memberlakukan sistem suku bunga kombinasi. Jadi, bank akan menggunakan sistem bunga tetap dan mengambang.

Bank akan memberikan sistem dengan suku bunga tetap dengan bunga rendah dalam beberapa tahun pertama. Selanjutnya bank akan memberlakukan sistem suku bunga mengambang mengikuti besar bunga yang berkembang di pasaran sesuai dengan peraturan BI (Bank Indonesia).  Bank dengan suku bunga rendah dan jangka waktu bunga tetapnya lama yang harus Anda cari.

Lakukan riset untuk membandingkan KPR antar bank

Anda harus mencari bank mana yang memiliki KPR dengan tingkat suku bunga yang rendah. Hal ini perlu dilakukan sehingga pilihan Anda tepat. Jika sudah mendapatkan bank yang tepat, segera penuhi persyaratan mengajukan KPR.

Persiapkan persyaratan dengan lengkap untuk mengajukan KPR

Ketika Anda sudah menemukan KPR yang tepat, segera lengkapi persyaratannya. Beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan yaitu pas photi suami dan istri jika Anda sudah menikah, foto copy KTP suami istri bagi yang sudah menikah, buku nikah, foto copy KK, foto copy NPWP, slip gaji dari kantor tempat Anda bekerja (jika Anda pengusaha maka yang dibutuhkan SIUP dan atau TDP, mutasi rekening tabungan dan laporan keuangan usaha Anda)

Perhatikan dan pelajari akad perjanjian

Ketika akad perjanjian biasanya ada beberapa poin-poin yang sangat panjang sehingga membosankan untuk dibaca dan dipahami. Padahal semua keterangan tersebut sangat perlu dipahami karena akan berdampak di kemudian hari. Jika ada hal yang tidak dimengerti, jangan ragu untuk menanyakan kepada bank supaya Anda benar-benar mengerti mengenai perjanjian akad KPR yang akan Anda setujui.

Semoga informasi mengenai tips memilih memilih KPR agar tak tertimpa masalah di masa mendatang dapat memberikan inspirasi bagi Anda.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Digitalart at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

One thought on “Tips Memilih KPR Agar Tak Tertimpa Masalah di Masa Mendatang

  1. Rumah Murah Yogyakarta

    Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    DP murah, KPR mudah, atau Rumah murah, asri, dan bersih memang lebih banyak diminati oleh calon pembeli rumah.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *