Tips Memilih Investasi Yang Tepat

By | July 16, 2016

tips-investasi

Merencanakan keuangan di masa depan memang bukan perkara yang mudah. Apalagi bagi pegawai perusahaan swasta yang tidak mempunyai dana pensiun, perencanaan keuangan dihari tua nanti menjadi pilihan yang wajib diperhitungkan. Anda dapat mengalokasikan 10-20% dana dari penghasilan Anda perbulan untuk berinvesatasi. Untuk itu Anda harus memilih program investasi yang tepat bagi masa depan Anda mulai sekarang.

Bagi anak muda pun sebetulnya sangat bagus bila sudah mulai memikirkan berinvestasi. Anda bisa menyisihkan uang jajan setiap bulan, kemudian ditabung untuk kemudian membeli produk investasi.

Ada banyak program investasi yang bisa Anda pilih. Tapi bagaimanakah memilih investasi yang tepat bagi masa depan Anda? Apalagi bila Anda memiliki dana investasi yang pas-pasan saja?

Tips berikut akan mengupas tentang tips memilih investasi yang tepat untuk masa depan Anda.

Menetapkan jangka waktu investasi

Untuk memulai berinvestasi, Anda harus menetapkan jangka waktu untuk mencapai tujuan keuangan yang Anda miliki. Jenis investasi untuk tujuan jangka panjang biasanya kurang tepat untuk Anda yang mempunyai keinginan untuk mendapat keuntungan jangka pendek. Begitu juga sebaliknya.

Kenali Profil Investasi Anda

Sebelum memilih investasi yang tepat ada baiknya Anda kenali dulu profil investasi Anda. Profil investasi Anda sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, karir, keuangan, keluarga, besarnya jumlah investasi dan toleransi terhadap resiko.

Pada umumnya profil investasi dibagi menjadi 3:

  • Konservatif

Untuk jenis ini dimiliki oleh orang – orang yang cenderung memilih produk investasi dengan resiko rendah seperti deposito atau reksadana pendapatan tetap.

  • Moderat

Dimiliki oleh orang – orang yang menginginkan hasil investasi (return) yang lebih tinggi tapi masih ragu saat mengambil resiko

  • Agresif

Dimiliki oleh orang – orang yang siap menghadapi kemungkinan berkurangnya nilai pokok investasi

Mengenal Jenis Investasi

Tips memilih investasi yang tepat berikutnya adalah mengenal jenis – jenis investasi.

Berikut ini adalah beberapa pilihan produk investasi yang bisa Anda pilih:

Investasi Saham

Investasi saham merupakan salah satu pilihan investasi yang bisa Anda pilih. Kemajuan teknologi internet juga mempermudah Anda dalam berinvestasi saham karena sekarang kita bisa membeli saham secara online, real di bursa efek Jakarta bahkan dari smartphone Anda.

Ada 2 keuntungan saat Anda berinvestasi saham yaitu secara tidak langsung menjadi “pemilik”  dari sebuah perusahaan sehingga akan mendapatkan deviden atau pembagian keuntungan dalam perusahaan tersebut sesuai banyaknya saham yang Anda miliki. Yang kedua adalah capital gain yaitu keuntungan yang diperoleh dari selisih penjualan dan pembelian. Untuk resikonya adalah bila terjadi kebangkrutan pada perusahaan tersebut, atau kondisi pasar yang memburuk sehingga kemungkinan Anda akan merugi.

Obligasi

Obligasi merupakan surat perjanjian hutang antara pihak pertama yang mengeluarkan obligasi dan pihak kedua yaitu Anda sebagai pembelinya. Membeli obligasi seperti meminjamkan uang, setelah jangka waktu tertentu maka Anda akam mendapatkan pengembalian modal beserta keuntungan berupa bunga yang sudah disepakati.

Reksadana

Produk ini sangat tepat untuk Anda yang memiliki keterbatasan dana dan belum memiliki kemampuan untuk mengetahui profil resikonya sendiri. Di reksadana, Anda bisa memilih manager investasi untuk memilih pasar modal mana yang akan diikuti. Anda dapat membeli reksadana melalui bank, atau melalui sekuritas terpercaya dikota Anda.

Investasi Properti

Harga properti yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun menjadikan pilihan investasi ini cukup diminati. Tapi Anda harus cermat dan teliti sebelum membeli produk properti. Mintalah pendapat para ahli sebelum melakukan investasi dibidang properti ini.

Investasi Emas Batangan

Anda tidak perlu mempunyai dana yang banyak untuk melakukan investasi emas, dalam hal ini adalah membeli emas batangan. Contohnya di Pegadaian, Anda bisa membuka tabungan emas dengan nominal berapa saja, asal rutin dilakukan tentu hasilnya pun akan memuaskan.

Demikian tips memilih investasi yang tepat untuk Anda, semoga bermanfaat.

(Mathika)

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *