Tips Memilih Helm Yang Baik

By | July 30, 2016

tips-memilih-helm

 

Mengenakan helm saat berkendara roda 2 adalah wajib hukumnya di negara kita. Selain fungsi keamanan, kini helm juga tampil beberapa model yang bervariasi seolah seperti tren fashion. Namun demikian dalam pemilihannya, helm bukan sekedar bentuk dan warna yang menarik saja tetapi ada berbagai macam faktor yang harus kita pertimbangkan saat kita membeli helm. Memiliki helm yang pas di kepala dan juga aman untuk digunakan merupakan idaman semua orang, apalagi sudah SNI dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

Jangan asal pilih helm karena hanya sekedar tertarik pada desain yang diberikan oleh produsen helm yang kita minati. Karena itu Anda perlu memperhatikan beberapa kriteria memilih helm yang baik dilihat dari segi kegunaan utamanya yaitu sebagai pelindung kepala dari benturan. Berikut ini tips memilih helm yang baik :

  1. Pilih helm yang punya bagian dalam lembut

Helm yang baik harus memiliki lapisan dalam dari kain yang lembut untuk menempatkan kepala secara pas pada rongga helm. Pemilihan kain pada bagian dalam helm yang nyaman dan lembut serta dapat menyerap keringat juga membuat helm tetap nyaman digunakan untuk waktu yang relatif lama.

  1. Carilah helm yang nyaman saat Anda pakai

Bargantung dari ukuran kepala pemakainya, helm yang dijual dipasaran memiliki ukuran yang sangat beragam. Anda jangan sungkan untuk mencoba satu persatu ketika sedang memilih helm yang akan dibeli. Sesuaikan ukuran helm dengan ukuran kepala anda. Jangan sampai kekecilan atau kebesaran. Jika hal ini terjadi, maka anda tidak akan merasa nyaman saat memakainya. Ukuran helm yang tepat akan membuat anda nyaman dan aman ketika memakainya disaat berkendara.

  1. Pilihlah helm yang mempunyai 2 lapis kaca

Jika anda amati, saat siang hari ketika cuaca sangat panas, maka Anda perlu menggunakan kaca yang gelap. Namun, ketika malam hari saat kondisi gelap, maka Anda perlu memakai kaca helm yang masih dapat terlihat terang ketika berkendara dimalam hari. Jadi, cari helm yang memiliki 2 kaca, gelap dan terang agar anda nyaman ketika berkendara di siang hari maupun malam hari.

  1. Bagian luar helm harus keras (hard outer shell)

Helm yang baik harus memiliki bagian lapisan luar yang keras. Bagian lapisan luar helm harus didesain sedemikian rupa untuk bisa pecah saat mengalami benturan, agar dampak tekanan sebelum sampai ke kepala bisa dikurangi. Bagian ini biasanya terbuat dari bahan polycarbonate.

  1. Memiliki Strap/Tali Pengikat Dagu (chain strap)

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli helm yang baik yaitu, helm harus dilengkapi tali pengikat pada bagian dagu. Tali pengikat berfungsi menahan helm tetap pada posisinya saat bikers terjatuh.

  1. Bagian Dalam Yang Tebal

Helm yang baik adalah sebuah helm yang memiliki bagian dalam yang tebal. Kegunaan bagian dalam helm yang tebal adalah untuk mengimbangi kondisi bagian lapisan luar helm yang keras. Bagian dalam yang tebal akan bermanfaat untuk dapat meredam benturan dan gesekan yang mungkin saja terjadi pada saat terjadi benturan keras.

Itulah beberapa tips dalam memilih helm. Jadi, selain harga dan merk helm, acuan-acuan tadi bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih helm.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *