Tips Membeli Smartphone Bekas

By | July 31, 2016

smartphone

 

Pilihan membeli smartphone second atau bekas merupakan solusi alternatif bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Harga smartphone baru dengan fitur mumpuni memiliki harga yang selangit. Jadi, tak ada salahnya jika Anda membeli smartphone bekas agar mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Namun, memilih smartphone bekas bukan hal yang mudah karena jika tidak berhati-hati bisa saja Anda mendapatkan smartphone yang kualitasnya sudah buruk. Apalagi jika penjual smartphone mempermaknya sehingga tampil sempurna serta menutupi kelemahannya agar smartphone tersebut bisa laku dengan harga yang mahal.

Berikut ini ada informasi penting mengenai tips membeli smartphone bekas agar tak salah beli.

Siapkan alat pengecekan

Hal pertama yang harus disiapkan yaitu alat pengecekan agar mendapatkan smartphone yang kualitasnya bagus. Anda harus melakukan pengecekan meliputi bodi sampai aplikasi di dalamnya. Nah, berikut ini daftar barang yang harus dibawa untuk melakukan pengecekan:

  • MicroSD
  • Kartu SIM (bawa dua)
  • Powerbank atau charger
  • Headphone

Semua barang tersebut bisa digunakan untuk mengecek smartphone. Cek apakah smartphone itu dengan memasukkan MicroSD dan dua kartu SIM ke smartphone. Cek juga apakah smartphone bisa dicharger dengan baik. Terakhir, cek kualitas suaranya dengan menggunakan headphone.

Detail Eksterior

Walaupun membeli barang bekas, Anda perlu mengecek detail exterior smartphone yang akan dibeli. Amati bagian layar apakah ada goresan. Lalu, cek juga lensa kamera dengan menggunakan lampu senter.

Setelah itu, cobalah tekan tombol-tombol pada smartphone. Terakhir, perhatikan pada cashing smartphone apakah ada bagian yang tidak dapat tertutup dengan sempurna. Hal ini merupakan tanda bahwa smartphone pernah jatuh.

Buka smartphone

Setelah selesai mengecek bagian eksterior, saatnya Anda mengecek bagian dalamnya. Langkahnya yaitu dengan membuka cashing smartphone. Lihatlah baterainya. Pastikan baterainya masih original karena akan berpengaruh terhadap daya tahan smartphone. Otomatis, ini akan mempengaruhi harga smartphone juga.

Lalu, cek slot SIM dan microSD. Lihatlah kondisinya apakah ada bercak putih atau karat. Ini merupakan tanda bahwa smartphone pernah terkena air di bagian dalam.

Hidupkan smartphone

Pasang kartu SIM dan micro SD, lalu hidupkan smartphone. Amatilah proses booting saat menghidupkan smartphone apakah berjalan normal atau terlalu lama.

Setelah smartphone menyala, amatilah apakah microSD dan SIM bisa terbaca dengan sempurna. Cobalah untuk berkirim sms, telepon dan gunakan internetnya.

Buka semua aplikasi

Cobalah untuk membuka semua aplikasi pada smartphone tersebut. Lihatlah performanya. Jika layar sentuhnya tidak responsif, bisa jadi itu merupakan tanda bahwa smartphone sudah memburuk kualitasnya.

Terakhir, cobalah tekan tombol *#*#4636#*#* maka semua informasi dapat diketahui. Misalnya informasi mengenai baterai, sensor, serta yang lainnya sehingga Anda akan mengetahui bahwa smartphone itu barang original atau tidak.

Semoga informasi mengenai tips membeli smartphone bekas dapat bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *