Tips Membangun Strategi Bisnis

By | July 30, 2016

bisnis

 

Memiliki strategi bisnis untuk usaha yang hendak dijalankan amat penting. Sebab setidaknya anda tahu bakal dibawa kemana usaha yang anda akan rintis ini. Dengan memiliki strategi pula, anda minimal sudah menyiapkan plan for the worst, hope for the best, bersiap menghadapi kondisi terburuk, dan berharap yang terbaik. Di sini kita tidak membahas soal apa bisnis yang akan dijalankan, karena asumsinya jika anda sudah melangkah ke strategi bisnis berarti anda sudah punya bisnis yang mau dilakoni.

Apabila bisnis Anda sudah berjalan tetapi strategi yang Anda pasang/jalankan ternyata kurang sesuai, maka Anda perlu berpikir ulang untuk menyiapkan strategi bisnis Anda. Berikut ini tips membangun strategi bisnis.

Kreatifitas

Menjadi kreatif adalah kunci dari semua bisnis. Mulai dari pemilihan produk yang Anda jual, nama produk, cara memasarkan, dsb. Banyak cara-cara unik yang Anda dapat pakai untuk membangun bisnis Anda. Akan tetapi lebih dahulu Anda harus mengenal bisnis Anda sendiri.

Kerja Keras

Untuk sukses dalam membangung bisnis Anda pasti diperlukan perjuangan. Kerja keras Anda pasti akan sangat diperlukan untuk bisa membangun bisnis. Kegagalan Anda akan menjadi pelajaran penting bagi Anda untuk melangkah maju.

Orisinalitas

Walaupun jenis usaha Anda bukan satu-satunya di dunia, namun keaslian dari bisnis Anda perlu dijaga. Keaslian ini justru bisa menjadi nilai tambah atas bisnis Anda. Orisinalitas ini adalah identitas bisnis Anda.

Jeli Melihat Peluang

Ketika berbisnis, hal yang paling penting dalam membangun bisnis itu adalah sebuah peluang. Pebisnis hendaknya selalu jeli dalam melihat peluang untuk membangun bisnisnya. Pemilihan waktu yang tepat dalam memasarkan, memilih produk yang tepat untuk dilemparkan ke pasar, adalah sala satu contoh suksesnya sebuah bisnis yang jeli melihat adanya peluang.

Berfikir Terbuka

Dalam mengembangkan bisnis kita, kita harus berfikiran terbuka. Banyak strategi-strategi bisnis di luar yang mungkin dapat anda jadikan acuan agar bisnis anda bisa lebih maju. Masukan dari pegawai Anda mungkin juga bisa bermanfaat dalam mengembangkan usaha Anda.

Fokus

Anda harus fokus dalam menjalankan usaha Anda. Bisnis yang sedang Anda bangun tentu tidak dapat berjalan ketika anda tidak fokus dengan tujuan bisnis Anda. Jangan berpikir untuk membuat bisnis baru dahulu, tetapi tetap fokus terhadap apa yang sedang Anda bangun.

Memanfaatkan Teknologi

Strategi bisnis yang paham akan perubahan pasti akan mengaitkannya dengan perubahan teknologi. Seiring dengan cepatnya perubahan teknologi, kita harus ikut menyesuaikannya.

Meningkatkan Pelayanan

Bisis selalu berkaitan dengan konsumen. Pelayanan yang baik tentu akan mengikat konsumen Anda untuk selalu menjadi konsumen Anda. Cara meningkatkan pelayanan tentu harus diikuti dengan survey terlebih dahulu, sehingga ada bisa menutup celah dari strategi kompetitor untuk tidak mengungguli Anda.

Membangun Kemitraan

Hubungan antara Anda dengan supplier, distributor, pesaing dan konsumen Anda sangatlah penting. Jadikan mereka mitra Anda, maka Anda akan memperoleh keuntungan yang besar. Hubungan kemitraan antara Anda dengan supplier akan memperlancar anda dalam proses produksi, misalnya. Dengan demikian strategi bisnis Anda dapat berjalan.

Itulah tips membangun Strategi Bisnis yang dapat dipraktekkan. Masih banyak strategi bisnis yang ada dan Anda bisa pakai. Namun, semuanya itu tergantung dengan bisnis yang Anda jalankan, dan kenyamanan Anda dalam menjalankan strategi tersebut.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *