Tips Memasak Praktis Untuk Ibu Bekerja

By | July 16, 2016

tips-memasak

Saat ini banyak ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah. Entah itu menjadi karyawati di kantor, di pabrik atau membuka usaha sendiri. Banyak alasan yang membuat keputusan bekerja diantaranya karena bisa menambah penghasilan dan bisa mengembangkan potensi serta ilmu yang telah dimiliki.

Pilihan menjadi wanita karir tak salah. Yang terpenting, Anda harus bisa membagi waktu antara sibuk bekerja dengan mengurus keluarga seperti memasak. Berikut ini ada beberapa tips memasak praktis untuk ibu bekerja. Yuk simak.

Rencanakan menu makanan untuk satu minggu

Buatlah rencana menu makanan untuk satu minggu. Anda bisa membuat jadwal menu di waktu libur Anda misalnya pada hari Minggu. Buat daftar menu apa saja yang akan dimasak. Kemudian, belilah bahan makanan sesuai dengan menu makanan yang sudah direncanakan. Anda akan menggemat waktu di hari kerja karena sudah memiliki bahan-bahan memasak.

Siapkan bumbu dasar

Setelah merencanakan menu makanan untuk satu minggu, Anda perlu membuat bumbu dasar seperti menghaluskan bawang merah dan bawang putih, cabai, dan bumbu-bumbu dapur lainnya. Tujuannya agar lebih mudah dan praktis saat akan digunakan.

Manfaatkan kulkas

Hampir setiap keluarga memiliki kulkas. Nah, aneka bahan makanan bisa disimpan dalam kulkas sehingga akan lebih awet sebagai persediaan salama 1 minggu. Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, cuci bersih semua bahan-bahan dan tempatkan pada wadah tertutup.

Buat kaldu

Dalam menyiapkan makanan, Anda harus memilih menu yang sehat seperti sup ayam dan sayur bayam. Jenis makanan tersebut akan lebih lezat bila ditambahkan kaldu. Anda bisa membuat kaldu sebagai persediaan. Simpan dalam kulkas. Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu sehingga masakan akan cepat matang.

Siapkan masakan setengah jadi

Menyiapkan masakan setengah jadi menjadi salah satu cara masak praktis. Simpan masakan setengah jadi dalam kulkas. Masakan akan cepat matang ketika Anda mengolah makanan yang sudah diolah setengah jadi.

Ya itulah beberapa tips memasak praktis untuk ibu bekerja. Jika Anda praktekkan, memasak tak jadi masalah lagi bagi Anda yang sibuk dengan aktivitas bekerja.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Stockimages at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *