Tips Liburan Hemat ke Bali

By | July 30, 2016

liburan-ke-bali

Kegiatan rutin sehari-hari sering membuat Anda merasa penat fisik dan psikis. Hal ini tentu saja mendorong keinginan untuk berlibur beberapa hari ke suatu tempat yang mengasikan. Berharap rasa lelah dan penat bisa terusir. Namun, apa jadinya jika dana yang tersedia hanya sedikit. Anda harus berpikir cerdas memilih tempat wisata yang keren namun tetap berhemat.

Bali merupakan tempat yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata. Ada banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika Bali diminati juga oleh banyak turis mancanegara.

Berikut ini ada beberapa tips liburan hemat di Bali yang bisa Anda terapkan sehingga liburan tetap mengasikan walaupun dana terbatas.

Pos Dana

Cara tepat yang harus dilakukan yaitu dengan mengatur anggaran yang akan digunakan untuk berliburan. Sebaiknya, pisahkan dana yang akan digunakan untuk ticketing, keperluan makan, membeli oleh-oleh dan membayar tiket masuk  ke tempat wisata. Sebaiknya, bawa uang cash seperlunya saja. Sisanya bisa tetap dibiarkan di rekening bak sehingga sewaktu-waktu Anda bisa mengambilnya di mesin ATM terdekat. Cara ini akan lebih aman.

Jangan liburan di akhir pekan atau musim liburan

Jika Anda ingin berhemat, sebaiknya jangan pilih musim liburan untuk berwisata. Anda bisa mencari hari lain karena harga tiket akan jauh lebih murah. Anda pasti tahu bahwa tiket pesawat akan lebih mahal saat hari libur. Hal ini berlaku  juga untuk harga-harga lain seperti penginapan dan tiket masuk ke tempat wisata. Jika Anda memilih berkunjung ke Bali saat hari kerja, dijamin Anda bisa berhemat. Anda bisa mendapatkan penginapan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan saat musim liburan. Untuk berhemat anggaran akomodasi, pilihlah tiket pesawat untuk penerbangan malam hari karena lebih murah.

Cari penginapan dengan harga murah

Anda harus mengetahui di mana letak penginapan Bali yang harganya murah untuk bisa berhemat. Daerah sekitar Jalan Poppy Lane dan Jalan Legian dikenal sebagai daerah dengan penginapan yang harganya terjangkau. Harga per malamnya berkisar antara Rp.100.000 sampai Rp.350.000. Bila Anda menyewanya untuk tiga hari sekaligus, harganya bisa lebih murah. Anda bisa mencari referensi mengenai penginapan mana yang akan dipilih melalui beberapa situs di internet.

Sewalah sepeda motor

Pilihan menyewa sepeda motor merupakan cara berhemat untuk pergi ke suatu tempat wisata dibandingkan dengan naik taksi atau kendaraan umum lainnya. Dengan naik sepeda motor, Anda bisa mengunjungi lebih dari satu objek wisata dalam sehari.

Makan di kedai khusus backpacker

Anggaran makan juga perlu dipikirkan untuk berlibur hemat. Pilihlah warung-warung rumahan di sekitar pantai karena harga makanannya lebih murah dibandingkan restoran-restoran yang tersedia. Biasanya, backpacker akan memilih warung ini untuk membeli makanan dan minuman.

Membeli suvenir di pasar

Berhati-hatilah dalam membeli souvenir. Harga yang murah bisa didapatkan di pasar. Souvenir atau cinderamata yang ditawarkan di tempat wisata harganya lebih mahal. Sebaiknya berkunjunglah ke pasar seni yang banyak terdapat di Kota Denpasar dan sekitarnya.

Semoga informasi mengenai tips liburan hemat di Bali bermanfaat. Selamat berlibur.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *