Tips Langkah Awal Mengatasi Hipertensi

By | July 4, 2016

mengatasi-hipertensi

Hipertensi bukan merupakan penyakit. Hipertensi ini merupakan akibat atau dampak dari suatu kelainan dalam tubuh Anda. Hipertensi sering juga disebut silent killer karena sering muncul tanpa didahului suatu gejala, namun akibatnya dapat sangat fatal atau kadang dapat mematikan. Tanpa sadar banyak penderita yang kecolongan, yang tanpa disadari sebelumnya begitu gejala hipertensi dirasakan sudah memasuki tahap lanjut dan telah mengganggu organ-organ tubuh.

Berikut ini merupakan tips berguna sebagai langkah awal mengatasi hipertensi :

Kenali terlebih dahulu Penyebabnya

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah melebih batas normal (sistolik 120 mmHg, diastolik 80mmHg) serta mengacu pada tingginya tenaga yang dikeluarkan oleh darah untuk mengalir melalui pembuluh darah secara konstan. Seseorang dapat dikatakan menderita hipertensi jika memiliki kondisi
tekanan darah di atas 140/90 mmHg dan dalam banyak kasus penderitanya tidak keliatan sedang sakit atau terlihat sehat. Beberapa faktor pemicu hipertensi diantaranya adalah : faktor kegemukan, merokok, minum-minuman beralkohol, sering stres, kurang aktifitas olahraga, dsb. Usia lanjut juga ikut berperan karena pada saat usia lanjut pembuluh darah cenderung berkurang elastisitasnya (kaku) sehingga semakin memungkinkan untuk menderita hipertensi.

Penyebab lain hipertensi adalah pola makan yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak terkontrol sehingga dapat mengganggu keseimbangan kalium natrium karena terlalu tinggi dalam mengkonsumsi lemak, kurangnya kalsium-magnesium karena berlebih dalam mengkonsumsi protein hewan, karbohidrat halus, dan mengkonsumsi makanan  yang banyak diproses. Hal yang dapat menambah gejala hipertensi adalah karena kurangnya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Ada dua jenis hipertensi yang dikenal yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer adalah peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh faktor keturunan, gaya hidup, bertambahnya usia dan lingkungan. Hipertensi sekunder adalah hipertensi yang disebabkan oleh kelainan dari dalam tubuh, seperti gagal jantung, tumor, gagal ginjal, kerusakan sistem hormon tubuh, serta diakibatkan oleh pemakaian obat-obatan. Hipertensi jenis ini dapat disembuhkan, asal penyebabnya dapat segera diobati.

Tenangkan Diri

Penting bagi penderita hipertensi untuk menenangkan diri. Hipertensi sangat memungkinkan disebabkan oleh pola emosi yang tidak sesuai bagi kesehatan. Ikuti cara hidup sehat, yang mencakup pola makan seimbang, olahraga teratur serta pengendalian emosi. Dalam mengatasi hipertensi, Anda dapat melakukan meditasi secara rutin tiap hari dengan melupakan permasalahan yang sedang dihadapi serta memasukkan pikiran-pikiran positif yang menenangkan serta membuat Anda bahagia pada saat meditasi.

Periksa Tekanan Darah Anda

Pemeriksaan rutin tekanan darah sebanyak 1 sampai 2 kali sebulan diperlukan karena kondisi tekanan darah ini dapat berubah-ubah mengikuti kondisi fisik dan mental Anda. Anda dapat memeriksakan tekanan darah di rumah jika Anda memiliki alat nya, atau melakukan pemeriksaan ke dokter atau klinik terdekat.

Lakukan Olahraga secara Rutin

Anda dapat mengetes melalui treadmill terlebih dahulu untuk melihat kondisi tekanan darah Anda saat sedang berolahraga. Coba konsultasikan dengan dokter jika perlu karena kondisi tekanan darah seseorang yang sedang berolahraga tentunya akan meningkat dibanding kondisi saat tidak berolahraga. Pastikan Anda berolahraga dengan
aman serta pilih olahraga yang tidak terlalu berat, seperti berjalan cepat, joging ringan, yoga atau taichi. Dengan rutin berolahraga diharapkan akan melenturkan otot-otot  Anda serta pembuluh darah, menghindari stres sehingga akan semakin besar kemungkinan untuk menurunkan tekanan darah Anda yang sedang tinggi.

Ubah Pola Makan dan Kebiasaan buruk

Cara mengatasi hipertensi selanjutnya adalah dengan menghindari atau mengurangi makan-makanan berlemak terutama makanan daging hewani seperti daging merah, makanan yang diawetkan,  serta makanan yang banyak kandungan garamnya. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran segar. Hentikan kebiasaan merokok karena merokok dapat memperparah kondisi tekanan darah Anda serta dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

Kenali Sumber Mineral Pengontrol Hipertensi

Berikut ini merupakan mineral beserta sumber makanan yang dapat membantuk untuk mengontrol hipertensi :

Kalsium :

Sumber kalsium dapat diperoleh dari makanan keju rendah lemak, ikan teri segar, udang kering, ikan sarden (dengan tulang), biji kedelai, kacang-kacangan, brokoli, susu dan yoghurt.

Kalium :

Kalium banyak terdapat pada makanan sayuran dan buah-buahan seperti pisang, pepaya, mangga, kacang merah, kacang hijau, bayam, tomat dan wortel.

Magnesium :

Sumber magnesium dapat diperoleh dari oatmeal dan tepung terigu.

Memotivasi Diri Sendiri

Jangan menyerahkan serta mempercayakan kondisi kesehatan Anda sepenuhnya pada dokter. Orang pertama yang merasakan sehat tidaknya badan Anda adalah Anda sendiri. Motivasi diri Anda untuk hidup lebih baik dengan menjalani cara hidup yang sehat. Banyak tertawa, mengatur kembali pola makan, serta hidup seimbang adalah cara terbaik untuk mengembalikan kesehatan sekaligus mengatasi hipertensi.

Demikianlah tips langkah awal yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi hipertensi, semoga tips ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Gambar : Image courtesy of nixxphotography at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *